Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran

Lebaran adalah hari istimewa bagi umat muslim di seluruh penjuru dunia. Di tanah air ada kebiasaan unik yang sering dilakukan oleh masyarakat, yaitu mudik. Mudik sendiri adalah kata lain dari pulang kampung pada bulan Ramadhan lebaran. Puncaknya orang-orang yang mudik akan memadati jalanan besar pada saat menjelang lebaran. Terkadang ada hal yang membuat risau saat mudik yaitu meninggalkan rumah. Hal ini mengingat mudik bisa berlangsung selama beberapa hari sehingga rumah dalam kondisi kosong. Agar tidak risau banyak orang disarankan memperhatikan tips aman meninggalkan rumah saat mudik lebaran.

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran

Ingin perjalanan mudik Anda tenang dan aman tanpa memikirkan kondisi rumah yang ditinggalkan? Maka tips aman meninggalkan rumah saat mudik lebaran ini perlu menjadi perhatian Anda. Tidak ingin bukan rumah yang kita tinggalkan dibobol maling pada saat kita mudik lebaran? Perhatikan tips berikut ini.

Buat Seakan Akan Rumah Ada Penghuninya

Tips aman meninggalkan rumah saat mudik lebaran yang pertama ialah buat seolah-olah rumah yang ditinggalkan ada penghuninya. Jangan memperlihatkan bahwa rumah dalam keadaan sepi atau kosong. Disadari atau tidak rumah yang terlihat kosong akan cenderung mengundang perhatian sebagian besar pencuri.

Tanda-tanda yang rumah sepi penghuni adalah lampu yang menyala pada waktu siang hari. Lantas bagaimana mengakalinya? Bila masalah utamanya adalah lampu, maka sebaiknya mulai sekarang gunakan lampu modern yang waktu penyalaannya bisa diatur dalam jarak jauh. Jaman sekarang tidak sulit mendapatkan lampu tersebut.

Meski harganya sedikit mahal, namun demi keamanan sebaiknya terapkan tips aman meninggalkan rumah saat mudik lebaran tersebut. Aturlah nyala lampu pada malam hari dan mati pada siang hari. Dengan begitu Anda dapat mengelabui para pencuri karena rumah seakan-akan sedang dihuni.

BACA JUGA :  Berbagai Jenis Bisnis Yang Cocok Bagi Generasi Milenial

Pastikan Kondisi Rumah Sebelum Ditinggal Mudik

Tips aman meninggalkan rumah saat mudik lebaran selanjutnya adalah memastikan kondisi rumah terlebih dahulu. Memastikan rumah dalam kondisi aman sebelum ditinggal mudik barangkali kerap diabaikan padahal hal ini perannya penting. Bayangkan pada saat ditinggal mudik rumah mengalami kebakaran lantaran karena lupa mematikan kipas angin, komputer dan peralatan elektronik lainnya.

Sebaiknya sebelum meninggalkan tempat tinggal untuk mudik Anda juga harus melepas tabung gas dengan regulatornya yang ada di dapur. Meski tidak digunakan, namun gas masih terpasang ke tabung. Dengan demikian gas masih mengalir melalui selang tersebut. Hal ini perlu dilakukan mengingat apa saja bisa terjadi saat rumah ditinggalkan. Perhatikan pula listrik untuk beberapa keperluan misalnya televisi, komputer, kipas angin serta peralatan lainnya yang memungkinkan menjadi penyebab korsleting.

Jangan lupa untuk menggembok beberapa akses rumah misalnya jendela, pagar dan pintu. Menutup pintu rapat-rapat dan menguncinya adalah bagian dari tips aman meninggalkan rumah sakit saat mudik lebaran yang harus benar-benar diperhatikan.

Menyimpan Barang Berharga Di Tempat Yang Aman

Tips aman meninggalkan rumah saat mudik lebaran ketiga ialah dengan menyimpan barang berharga di tempat yang aman. Selain mengamankan pintu rumah, jendela dan memasang lampu khusus, Anda juga tidak boleh ceroboh dalam menyimpan barang berharga. Misalnya uang, tabungan, surat berharga dan benda berharga lainnya.
Sebaiknya untuk menghindari aksi pencurian di rumahmu saat ditinggal mudik buatlah tempat tersembunyi di rumah untuk menyimpan benda berharga.

Lebih aman lagi bila Anda memanfaatkan Safe Deposit Box yang ada di bank demi mengamankan barang berharga. Selanjutnya jangan lupakan untuk memasang CCTV di beberapa titik di rumahmu. Termasuk di ruang rahasia tempat penyimpanan barang berharga tersebut.

BACA JUGA :  Berbagai Menu Buka Puasa Paling Favorit di Indonesia

Dengan pemakaian CCTV, setidaknya bila pencuri akan berpikir ulang untuk melakukan aksi kejahatan, karena gerakan mereka terekam dalam CCTV. Bila perlu laporlah kepada ketua RT di lingkunganmu sebelum mudik. Informasikan pula bahwa Anda tidak menerima tamu selama mudik sehingga ketua RT juga dapat memantau kondisi rumahmu .

Mudah bukan menerapkan tips aman meninggalkan rumah saat mudik lebaran. Setidaknya rumah Anda tidak akan menjadi incaran pencuri dan penjarah saat ditinggal pulang kampung. Segera terapkan tips diatas mulai dari sekarang! Sekian pembahasan mengenai tips aman meninggalkan rumah saat mudik lebaran. Semoga dapat bermanfaat.

Related Posts