Tips Desain Kartu Undangan Pernikahan

Tips Desain Kartu Undangan Pernikahan Pranata Printing

Bagi sepasang kekasih yang sedang mempersiapkan pernikahan memang banyak hal yang akan dihadapi. Termasuk merancang dan mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan hari pernikahan, termasuk menyiapkan desain kartu undangan pernikahan.

Bagi pasangan yang tidak mempunyai banyak waktu, umumnya mereka akan lebih suka menggunakan jasa wedding organizer untuk mengurus segala keperluan pernikahan. Tidak sedikit pula yang ingin terjun langsung mengurus segala detail keperluan pernikahan, termasuk dalam memilih desain kartu undangan pernikahan.

Saat ini memang sudah banyak sekali jasa pembuatan desain kartu undangan pernikahan (invitation) yang menawarkan berbagai bentuk, warna, dan harga undangan yang beragam. Semuanya tergantung dari selera masing-masing pasangan. Apakah ingin memesan undangan yang berukuran besar dengan jenis kertas tebal atau sebaliknya ingin undangan yang kecil dengan kertas ringan agar terkesan lebih simpel.

Desain kartu undangan pernikahan pada sebuah jasa pun terkadang sudah dipersiapkan, seperti desain undangan pernikahan simple, elegan, unik, dan maupun dengan harga murah. Namun, bagi Anda yang ingin mendesainnya sendiri maka berikut beberapa tipsnya!

Beberapa Tips dalam Mendesain Kartu Undangan Pernikahan

Membuat desain kartu undangan pernikahan bisa menjadi permasalahan tersendiri bagi pasangan calon pengantin. Hal ini tentunya berkaitannya dengan pemilihan style, jenis tulisan, warna desain, tema, harga maupun penggunaan kertas pada undangan itu sendiri.

Beberapa hal dalam pemilihan undangan tersebut memang sering kali menjadi permasalahan yang dihadapi oleh calon pasangan suami istri. Maka pada artikel ini akan diberikan beberapa tips dalam mendesain kartu undangan pernikahan. Diantaranya :

  1. Memilih Style Undangan

Gaya atau style dalam mendesain kartu undangan pernikahan lebih cantik jika diserasikan dengan tema pernikahan yang sedang dirancang. Beberapa style kartu undangan diantaranya adalah gaya tradisional dan elegan, art deco, dan mid century retro.

BACA JUGA :  Tips Membuka Usaha Butik Untuk Pemula

Pada style tradisional dan elegan lebih mengedepankan pada tema pernikahan yang formal dengan aksen bunga-bunga elegan yang kalem dan tidak terlalu mencolok. Sedangkan untuk style art deco, Anda bisa memberikan sentuhan vintage dengan penggunaan warna gold, perak dan kombinasi hitam yang menawan. Untuk style terakhir yaitu style mid century retro, penggunaan warna pastel dilengkapi dengan pita akan menambah kesan manis layaknya desain kartu undangan di tahun 1950-an.

  1. Jenis huruf dan warna tulisan

Dalam mendesain kartu undangan pernikahan warna dan jenis tulisan akan mempengaruhi kejelasan informasi yang dibaca oleh penerima undangan. Konsultasikan masalah warna dan jenis tulisan kepada jasa percetakan terpercaya. Kombinasi warna yang terlalu ramai akan menyebabkan undangan pernikahan nampak kurang berkelas dan elegan.

  1. Memadukan desain Bunga dengan konsep modern

Desain bunga memiliki reputasi buruk, sering dianggap kuno, dan gaya lama. Namun, bunga akan tampak modern ketika diselesaikan dengan baik. Desain ini akan tampak menarik, jika menyeimbangkan antara konsep asmara “bunga” dan modernitas. Undangan pernikahan dengan gaya ini merupakan contoh desain yang lumayan baik jika dilengkapi dengan sentuhan gaya modern.

  1. Menggunakan simbol “&”, bukan ‘Dan’

Simbol ‘&’ pada posisinya sering terhimpit di antara nama-nama pasangan. Hal ini memberikan kesan yang elegan, fragmatis, dan menarik tanpa mengganggu teks di sekitarnya. Symbol ini tampak bagus lebih dibanding menuliskan kata ‘dan’. Selain tampak bagus symbol ini tentunya juga mengandung nilai artistik tersendiri.

  1. Mendesain kartu undangan pernikahan dengan konsep klasik

Undangan dengan desain klasik akan selalu menjadi gaya yang menarik dari waktu ke waktu. Untuk membuat desain klasik tampak modern, tidak membosankan, cobalah seimbangkan elemen feminin dan elemen maskulin. Garis lurus dan border geometris memberikan desain ini ke tepi maskulin, sementara tulisan italic membawa sentuhan feminin.

  1. Menentukan Jenis Kertas

Penggunaan kertas untuk desain kartu undangan pernikahan, juga sangat menentukan kesan pertama yang akan dirasakan penerima undangan. Setidaknya ada 7 jenis kertas yang umumnya digunakan untuk membuat kartu undangan pernikahan yang pastinya perlu Anda ketahui.

BACA JUGA :  Berbagai Jenis Kertas Stiker Yang Paling Sering Digunakan

Diantaranya kertas art paper, kertas art carton, kertas ivory, kertas jasmine, kertas bw/bc/linen/concord, kertas mercy paper, dan kertas blanko undangan. Pemilihan kertas yang sesuai dengan tema pernikahan juga pasti menambah keserasian desain. Bila penasaran Anda dapat mencetak beberapa kartu undangan pernikahan sebagai referensi.

Itulah beberapa tips desain kartu undangan pernikahan yang bisa Anda terapkan. Pastikan untuk  merancang desain dengan pasangan agar hasil lebih memuaskan.

Related Posts