Tips Desain Katalog Produk Yang Menarik Dan Informatif

Tips Desain Katalog Produk Yang Menarik Dan Informatif

Anda memiliki produk namun bingung menjadikannya lebih menarik dan informatif sehingga penjualan bisa naik? Jika iya, maka Anda perlu mengetahui apa saja tips desain catalog produk secara lebih lengkap. Katalog produk sendiri merupakan gambar yang berisi semua koleksi produk yang disertai dengan keterangan tertentu. Agar lebih jelas apa saja tips desain katalog produk maka Anda bisa menyimak tipsnya di bawah ini.

6 Tips Desain Katalog Produk yang Perlu Anda Terapkan

Sebelum membahas tips desain katalog produk, lebih baik Anda mengetahui dahulu apa saja fungsi dari katalog produk ini. Katalog produk memiliki fungsi sebagai media promosi dalam rangka untuk mengenalkan serta memberi penjelasan mengenai produk tersebut sehingga terjadi penjualan. Katalog juga bisa berfungsi sebagai alat publikasi yang digunakan dalam sebuah perusahaan agar client teredukasi dengan produk-produk yang mereka miliki.

Dengan beberapa fungsi di atas maka bisa disimpulkan bahwa katalog produk memerlukan sifat yang efektif, sederhana namun tetap informatif. Yakni juga tetap dapat menggambarkan secara rinci detail dan juga spesifikasi dari sebuah produk tersebut. Lantas seperti apa tips desain katalog produk yang perlu dilakukan? Anda bisa mencermatinya di bawah ini.

  1. Tentukan tema

Tips desain katalog produk yang pertama adalah menentukan tema yang tepat. Anda bisa memilih tema yang kuat karakternya sekaligus dapat mewakili apa isi dari katalog produk tersebut. Adapun tema tersebut meliputi desain layout, gambar atau konten grafis yang bisa Anda gunakan dalam pembuatan katalog produk.

  1. Foto produk

Foto produk merupakan dokumentasi dari sebuah produk sehingga dapat disajikan kepada client, calon konsumen, atau public dengan baik. Untuk itu, sudah seharusnya jika gambar katalog sesuai dengan realita dari produk yang dibuat. Maka tentu karya fotografi yang tepat sangat diperlukan untuk memotret produk yang Anda miliki.

  1. Gaya bahasa dan penulisan
BACA JUGA :  Tips Desain Kartu Undangan Pernikahan

Penulisan dan gaya bahasa merupakan salah satu hal yang bisa Anda lakukan setelah fotografi selesai dilakukan. Ada baiknya dalam memilih gaya bahasa Anda menggunakan yang luas dan sederhana sehingga mudah dimengerti oleh public terlebih bagi target pasar.  Namun jangan lupakan juga fungsi penulisan yang utama yakni untuk mendeskripsikan katalog produk.

  1. Cantumkan benefit produk

Tips desain katalog produk selanjutnya Anda bisa menambahkan benefit produk pada katalog. Dari pada hanya menguraikan informasi yang umum, tidak ada salahnya bagi Anda untuk menyebutkan apa saja benefit ataupun manfaat yang bisa konsumen dapatkan jika memilih produk yang Anda miliki. Dengan begitu, katalog produk menjadi sangat efektif karena konsumen memiliki alasan yang tepat mengapa mereka perlu mencoba dan memilih produk Anda.

  1. Call to action

Seperti yang Kita ketahui bahwa katalog produk nantinya akan digunakan sebagai sarana yang menghasilkan penjualan. Maka jangan lupa untuk mencantumkan call to action atau contact person yang bisa dihubungi dengan penambahan kalimat seperti “hubungi sekarang juga”, “pesan sekarang”, dan masih banyak lagi. Intinya penambahan call to action bisa membuat konsumen lebih yakin untuk menghubungi dengan segera.

  1. Tambahkan penawaran spesial

Penawaran special bisa Anda pilih sebagai salah satu tips desain katalog produk untuk menarik konsumen melalui katalog produk. Anda bisa menonjolkan-nya pada katalog sehingga pembeli bisa yakin dengan apa yang Anda tawarkan.

  1. Testimoni pelanggan

Anda bisa menjadikan testimony sebagai salah satu tips desain katalog produk agar katalog produk Anda lebih menarik perhatian calon pelanggan. Dengan begitu, konsumen bisa mendapatkan keyakinan tersendiri ketika melirik produk-produk yang Anda tawarkan.

  1. Material cetak untuk katalog produk

Agar bisa mendapatkan katalog produk dengan hasil akhir desain katalog yang baik maka Anda harus pandai memilih material desain cetak. Anda bisa memperhatikan dahulu karakteristik desain produk yang digunakan. Dengan begitu, Anda bisa menjaga kualitas katalog itu sendiri dengan berbagai macam material yang sudah ditentukan. Seperti material matte paper, art paper, ataupun art carton.

BACA JUGA :  Berbagai Manfaat Dan Kegunaan Hang Tag

Itulah beberapa tips dalam mendesain katalog produk. Beberapa tips di atas sudah bisa Anda terapkan agar produk Anda semakin mudah untuk mendapatkan penjualan.

Related Posts