Tips Hidup Minimalis Seperti Orang Jepang

Gaya hidup manusia memang terus berubah dari waktu ke waktu. Saat ini hidup minimalis ala jepang menjadi tren bagi anak muda. Ada banyak sekali tips hidup ala Jepang yang bisa Anda terapkan agar dapat menjalani hidup minimalis.

Dengan gaya hidup ini Anda tidak akan mengeluarkan banyak uang untuk membeli barang yang tidak terlalu penting. Selain itu juga bisa mulai menabung bahkan berinvestasi.

Tips Hidup Minimalis Seperti Orang Jepang

Di dalam bukunya yang sangat populer, Fumio Sasaki membagikan pengalaman hidup minimalisnya. Berikut ini beberapa tips untuk hidup minimalis seperti orang Jepang.

Gunakan Barang Seperlunya

Jika ingin menjalani hidup minimalis ala orang Jepang, maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan memilah barang. Pilih barang-barang yang memang sangat Anda butuhkan.

Misalnya di dalam rak sepatu terdapat puluhan sepatu yang tidak terpakai. Mulai sortir sepatu sesuai kebutuhan misalnya untuk bekerja, hangout, olahraga dan sebagainya. Lalu untuk sepatu-sepatu yang sudah tidak digunakan bisa dijual atau diberikan pada orang lain.

Hal yang sama berlaku untuk berbagai barang lainnya seperti baju, tas, aksesoris dan lainnya. Dengan menggunakan barang-barang yang memang diperlukan, Anda tidak akan menyimpan terlalu banyak di rumah. Jadi tidak akan ada lagi perabotan atau barang yang menumpuk dan rumah terasa lebih nyaman.

Anda juga tidak perlu membeli barang baru jika tidak dibutuhkan atau yang lama belum rusak. Pengeluaran pun bisa ditekan sehingga bisa digunakan untuk hal lainnya.

Mulai Menabung

Saat melakukan gaya hidup minimalis, pengeluaran adalah salah satu hal yang harus dikurangi. Biasanya anak muda kesulitan untuk mengatur pendapatan karena terlalu banyak pengeluaran. Jika sudah mengetahui barang apa saja yang dibutuhkan tentu pengeluaran pun bisa dikurangi.

Uang tersebut pun bisa untuk ditabung. Tabungan yang Anda miliki bisa sebagai dana darurat atau cadangan. Sehingga disaat terdapat pengeluaran besar mendadak tidak perlu meminjam.

Biasakan Gaya Hidup Baru

Ketika Anda mulai belajar hidup minimalis, maka sudah seharusnya untuk membiasakan gaya hidup baru. Saat memilih menjalani hidup minimalis, tentu saja pola hidup akan berubah sepenuhnya.

Misalnya Anda terbiasa nongkrong bersama teman selepas bekerja setiap harinya. Hal tersebut bisa dikurangi dengan pergi hangout satu minggu sekali. Jadi pengeluaran yang biasanya digunakan untuk hangout bisa Anda tabung.

Membiasakan diri untuk pola hidup baru memang cukup sulit. Namun Anda bisa merenung kembali apa tujuan dari gaya hidup yang dipilih. Apa saja manfaatnya untuk jangka panjang dan pertimbangan lainnya. Selalu ingatkan diri untuk selalu menjalankannya sampai terbiasa.

Membeli Makanan Secukupnya

Bukan hanya mengurangi penggunaan dan pembelian barang, Anda juga harus mengurangi konsumsi makanan. Saat ini manusia terjebak dalam gaya hidup konsumtif. Secara tidak sadar selalu membeli makanan dalam jumlah banyak sampai akhirnya basi karena tidak dimakan.

Gaya hidup orang Jepang modern yaitu membeli makanan secukupnya. Orang Jepang mulai membiasakan membeli makanan yang sekali habis. Namun, bukan berarti selalu membeli makanan instan.

Anda masih bisa membeli sayuran, buah-buahan dan daging untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Namun belilah dalam jumlah secukupnya. Ketahui masa kadaluarsa setiap makanan serta jumlah makanan yang dimasak setiap harinya.

Dengan demikian Anda bisa memperhitungkan dengan baik jumlah bahan makanan yang akan dibeli. Selain itu ketahui juga harga pasar setiap bahan makanan. Sehingga Anda bisa mendapatkan makanan berkualitas dengan harga yang lebih murah.

Mengatur Cicilan

Jika Anda sudah tidak memiliki banyak barang yang diperlukan, maka bisa mengatur cicilan dengan lebih baik. Hindari mengambil cicilan untuk hal yang tidak diperlukan. Misalnya mengambil cicilan mobil padahal masih memiliki kendaraan lainnya yang masih bisa digunakan.

Dengan mengurangi cicilan untuk hal yang tidak diperlukan dapat mengurangi beban setiap bulannya. Jadi saat mendapatkan gaji bisa tetap menyisihkan untuk menabung.

Jika Anda ingin memulai gaya hidup minimalis, maka bisa mulai melakukan tips hidup ala Jepang tersebut. Meski pada awalnya sulit dilakukan, jika sudah terbiasa maka akan mulai mendapatkan manfaatnya. Sebab gaya hidup ini memiliki manfaat jangka panjang yang bisa Anda nikmati nanti.

Related Posts