Tips Makan Siang Sehat Dan Menambah Energi

Tips Makan Siang Sehat Dan Menambah Energi Pranata Printing

Cuaca di siang hari adalah dimana tubuh akan mengalami tingkat penurunan daya tahan tubuh. Tubuh akan menjadi lemah dan energi terkuras. Dan untuk memulihkannya kembali salah satunya yaitu menggunakan menu makanan yang sehat dan tentunya mengembalikan energi. Karena itulah Anda harus menjaga pola makan siang hari, dan itupun tidak boleh sembarangan. Untuk memudahkan, Anda bisa menyimak tips makan siang yang akan diulas dibawah ini.

Tips Makan Siang Yang Sehat dan Menambah Energi

Menu makan siang juga sangat menentukan selera makan. Untuk memulihkan kembali kondisi tubuh dan mempertahankan daya tahan tubuh dan energi yang tersisa Anda juga harus memperhatikan tips makan siang yang sehat dan tentunya akan menambah stamina atau energi.

  1. Minum Terlebih Dahulu

Sangat dianjurkan sekali bahwa sebelum dan sesudah makan untuk minum air putih terlebih dahulu. Ini dikarenakan minum air putih sebelum dan sesudah makan dengan jangka 30 menit bisa sebagai obat, dan juga bisa sebagai penurun berat 3-4 kg.

Dalam tips makan siang ini, Anda juga harus bisa mengira-ngira untuk tidak kelebihan cairan. Jangan minum saat makan, dikarenakan akan menyebabkan refluks asam dimana tubuh akan mengalami rasa sakit dan kembung.

  1. Awali dengan Makan Buah

Mengawali makan dengan memakan buah adalah sangat dianjurkan. Bukan sebaliknya, makan dulu baru makan buah. Jika Anda memakan buah setelah makan ini akan menjadikan cepatnya proses pembusukan. Sehingga Anda akan merasakan mulas dan sakit pada perut.

  1. Makan Sendiri

Tips makan siang bersama-sama dengan keluarga ataupun teman adalah penyebab nafsu makan bertambah. Padahal efek dari kekenyangan adalah sesuatu yang harus dihindari. Bisa menyebabkan tubuh akan semakin melemah ataupun tambah ngantuk.

  1. Makan Sup
BACA JUGA :  Meningkatkan Kinerja Kerja Dengan Menata Ruang Rapat

Anda bisa dengan menu sup, karena sup rendah kalori dan bila sup yang Anda konsumsi tidak menggunakan krim maka ini juga mengenyangkan walaupun dikonsumsi dalam jumlah sedikit. Juga sayur-sayuran yang serupa sup, seperti bayam, kangkung, sawi, wortel, kentang, dll.

  1. Makanlah Makanan Yang Berprotein

Tips makan siang selanjutnya adalah untuk makan protein karena protein disini berfungsi untuk mempertahankan metabolisme pada tubuh dan protein juga bisa menekan nafsu makan. Seperti halnya telur, ikan, daging, ini juga berprotein tinggi.

  1. Makanlah Dengan Perlahan

Sangat dianjurkan sekali untuk makan dengan perlahan bahkan dalam Islam pun dianjurkan dengan mengunyahnya 32 kali. Ini bertujuan agar lambung Anda tidak kesulitan ataupun terlalu kasar makanan yang masuk kedalam lambung, sehingga akan mempermudah dalam proses pencernaan makanan.

  1. Memilih Satu Jenis Makanan

Karena kondisi cuaca siang hari yang cenderung menguras banyak energi tetapi jangan sampai Anda makan siang dengan berlebihan tanpa memperhatikan pola makan. Pilihlah satu jenis makanan sebagai pendamping, misalnya seperti pasta dengan daging, mie dengan ayam, ditambah sayur-mayur atau pun buah-buahan yang sehat. Jangan menggunakan porsi yang lebih besar dan usahakan mengira – ngira makanan ini cukup untuk memenuhi kebutuhan makan siang Anda.

  1. Tentukanlah Jenis Minuman yang Tepat

Minumlah minuman yang sekiranya dapat menambah daya tahan tubuh Anda. Jangan minum minuman yang malah menguras energi Anda. Contohnya adalah minum jus sayur atau pun jus buah, minum susu nabati atau pun air putih saja.

  1. Minum Kopi Lebih Baik dari pada harus Minum Minuman yang Berenergi

Karena minuman kopi ini juga mengandung kafein yang mampu memulihkan kembali kondisi tubuh, juga semangat. Berhati-hatilah dalam jangka waktu, karena jika terlalu sore atau sudah malam, ini akan berpengaruh pada pola tidur yang seharusnya berkualitas.

BACA JUGA :  Berbagai Menu Buka Puasa Paling Favorit di Indonesia

Itulah tips makan siang sehat dan menambah energi. Tips makan siang ini tentunya harus diimbangi minum air putih yang cukup. Agar tubuh tidak mengalami dehidrasi sehingga kondisi tubuh melemah dan kehilangan daya tahan tubuh.

Menu makan siang akan tambah menjadi menyenangkan ataupun membuat kondisi badan yang fit juga bisa diusahakan dengan menikmati keindahan alam seperti halnya di pinggir pesisir pantai, sambil menikmati pemandangan bentang pegunungan yang indah juga bisa dengan pengaruh segala asupan yang masuk kedalam tubuh Anda untuk dicerna.

Related Posts