Tips Membangun Personal Branding Melalui Media Sosial

Tips Membangun Personal Branding Melalui Media Sosial

Media sosial sekarang tidak hanya digunakan untuk pamer kegiatan sehari-hari saja, melainkan dapat digunakan membangun personal branding di media sosial. Personal branding adalah kegiatan membangun citra diri yang baik. Jika Anda membangun personal branding di media sosial maka bisa mendapatkan manfaat.

Beberapa manfaat yang didapatkan bila melakukan personal branding di sosial media yaitu dikenal oleh banyak orang, memiliki follower, bisa menghasilkan uang dengan cara endorsement dan masih banyak lainnya. Wah ternyata manfaatnya cukup banyak, oleh karena itu Anda harus membangun personal branding di media sosial.

Mudahnya Membangun Personal branding di Media Sosial

Selama ini Anda masih belum maksimal membangun personal branding di media sosial. Tenang saja karena mulai sekarang bisa memperbaiki personal branding dengan menciptakan keunikan tersendiri di sosial media. Ceritakan mengenai diri secara pribadi dan jangan meniru orang lain. Kuncinya buat diri Anda berbeda, baik dari segi image dan konten yang dibuat.

Betapa pentingnya melakukan personal branding di media sosial mengharuskan Anda membangunnya dengan baik. Membangun personal branding sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah, asalkan mengetahui caranya. Berikut merupakan cara membangun personal branding di media sosial yang bisa diikuti.

1. Menggunakan nama profil yang sama di seluruh media sosial

Saat ini Anda pasti memiliki media sosial lebih dari satu. Contoh media sosial yang dimiliki yaitu twitter, instagram, facebook dan lainnya. Usahakan membuat nama profil media sosial yang sama agar orang lain dapat menemukan Anda dengan mudah. Tidak diperbolehkan menggunakan nama palsu, karena membuat personal branding Anda turun.

2. Menggunakan foto dan melengkapi profil yang asli

Kebanyakan pengguna media sosial facebook atau lainnya menggunakan foto profil yang berbeda. Maksudnya gambar yang dipasang bukan foto asli dirinya, melainkan ada yang memasang foto artis, hewan, tanaman dan lainnya. Tentu saja memasang foto profil yang bukan menunjukkan diri Anda membuat orang makin ragu untuk menghubungi Anda melalui sosial media.

BACA JUGA :  Hal Yang Disesali Pebisnis Dalam Menjalankan Usaha

Selain foto profil Anda juga wajib melengkapi profil biodata sesuai identitas asli. Jangan menuliskan identitas palsu karena hal tersebut termasuk ke dalam perbuatan pembohongan publik. Mulai sekarang demi membangun personal branding di media sosial, Anda harus memperbaiki foto dan deskripsi profil yang asli.

3. Membangun passion

Semakin sering melakukan posting ke sosial media, maka makin banyak yang mengenali diri Anda. Ada hal yang harus diperhatikan sebelum memposting sesuatu di sosial media. Salah satunya yaitu menentukan tema postingan yang menyesuaikan dengan passion (kesukaan). Alasan memposting sesuatu yang berhubungan dengan passion karena personal branding sangat erat dengan passion.

Oleh karena itu membangun personal branding di media sosial lebih mudah jika Anda membuat postingan sesuai dengan kesukaan. Contohnya passion Anda dalam bidang menulis, Anda bisa memposting tentang tips menulis artikel, novel, atau tema tulisan lainnya yang bermanfaat.

4. Bergabung ke berbagai macam grup sosial media

Setiap platform sosial media menyediakan fitur grup. Contohnya fitur grup yang berada di Facebook. Ada banyak jenis grup yang dibuat oleh pengguna Facebook, Anda bisa mengikuti beberapa grup yang disukai. Saat masuk ke dalam beberapa grup, ratusan anggota lebih dapat mengenali Anda. Mereka akan memfollow akun sosial media Anda dan secara perlahan dapat mempengaruhi peningkatan personal branding.

5. Konsisten dalam berkarya

Cara membangun personal branding di media sosial berikutnya yaitu konsisten dalam berkarya. Artinya karya disini yaitu postingan yang dibuat harus up to date. Setiap postingan memiliki tema, ada beberapa tema yang sering digunakan yaitu tentang makanan, travelling, fashion dan lainnya. Tetapkan tema postingan, kemudian fokus dan konsisten dalam membuat karya-karya yang di posting pada sosial media.

BACA JUGA :  Tips Untuk Memotivasi Diri Sendiri Saat di Kantor

Mudahnya membangun personal branding di media sosial. Bukankah dengan melihat cara di atas Anda telah memahami caranya membangun personal branding yang baik dan benar di sosial media. Sebagai informasi kepada Anda, membangun personal branding di media sosial tidak bisa dilakukan dengan cara instan. Memerlukan kurun waktu yang agak lama supaya personal branding meningkat pesat.

Related Posts