Tips Membuat Booth atau Stand Pameran Menjadi Ramai Pengunjung

Tips Membuat Booth atau Stand Pameran Menjadi Ramai Pengunjung

Berikut pembahasan mengenai tips membuat booth atau stand pameran menjadi ramai pengunjung. Berbicara mengenai pameran pasti terbayang ruangan yang besar dan ramai pengunjung, serta banyak terdapat pebisnis yang akan mengikutinya untuk membuka booth. Pameran atau Expo (Exhibition) menjadi salah satu alternatif tambahan untuk memperkenalkan, serta memasarkan produk dan bisnis ke konsumen. Mengikuti sebuah pameran pastinya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Maka dari itu sangat diperlukan strategi yang matang dalam membuat stand pameran lebih menarik sehingga banyak pengunjung yang mau mampir untuk sekedar bertanya-tanya atau malah menjadi konsumen bisnis Anda. Berikut ini tips penting untuk membuat booth atau umumnya disebut stand pameran menjadi ramai pengunjung.

Lokasi Pameran

Mengetahui lokasi pameran sangat penting, karena dengan mengetahui lokasi pameran Anda juga pasti akan mengetahui sektor area, gedung yang digunakan, fasilitas serta pengunjung yang datang nantinya. Anda pun menjadi tahu persiapan apa saja yang diperlukan sebelum mengikuti pameran nantinya. Apalagi jika pameran tersebut dilaksanakan diluar gedung atau outdoor, Anda pun harus menyesuaikan keadaan booth pameran Anda tersebut. Umumnya untuk outdoor adalah pameran makanan dan minuman, seni budaya, peralatan outdoor dan lainnya.

Lokasi Booth

Memang lokasi menentukan prestasi dan hal itu juga terjadi di setiap pameran. Umumnya area yang terbaik adalah area pintu masuk dan keluar, area tengah serta area di dekat panggung. Namun harga sewanya pun lebih mahal daripada area lainnya. Anda dapat mencari area alternatif lain yang sesuai dengan budget untuk pameran.

Profil Penyelenggara Pameran

Dengan memperhatikan profil dari penyelenggara pameran akan membuat Anda mengetahui track record penyelenggara pameran yang akan Anda ikuti. Sebaiknya mengikuti acara pameran yang diselenggarakan oleh penyelenggara pameran yang memang profesional dibidangnya. Cara mudahnya yaitu dengan mencari informasi pameran yang dulu pernah berlangsung apakah sukses berjalan dengan lancar atau tidak.

Tema Pameran

Perhatikan juga tema dari pameran yang akan berlangsung, apakah sesuai dengan bisnis Anda atau tidak. Acara pameran yang memiliki tema tersendiri biasanya seperti Pameran Otomotif IIMS / GIIAS, PRI, PRJ, International Wedding Festival, Pameran Wisata, Pameran Seni, IIBT, Pameran IT, Pameran Buku, Pameran Game – BEKRAF Game Prime, INACRAFT, Pameran Material dan Teknologi, Pameran Modifikasi, Pameran Pendidikan IIETE, TOYS & COMICS FAIR, Pameran Islamic Tourism Expo, Pameran Perlengkapan Outdoor, Pameran Adiwastra Nusantara dan lainnya.

Mengenali Pengunjung

Dengan mengetahui lokasi serta tema pameran, maka secara tidak langsung Anda juga akan mengetahui siapa saja yang akan menjadi calon pengunjung acara pameran tersebut. Sebaiknya memilih acara pameran dengan pengunjung yang sesuai dengan target bisnis Anda. Jangan sampai malah Anda mendapatkan kegagalan karena salah target. Seperti produk bisnis Anda yang lebih cocok untuk konsumen menengah keatas, ternyata yang berkunjung ke pameran adalah sektor menengah kebawah. Hal ini pasti akan membuat booth pameran Anda akan menjadi sepi pengunjung.

Desain Booth

Membuat booth pameran menjadi menarik adalah salah teknik untuk membuat booth menjadi ramai akan pengunjung. Anda dapat menggunakan berbagai elemen penting dalam men-desain booth, seperti mengatur penataan cahaya booth, menggunakan tema, menata display setiap produk, melakukan penambahan display visual, menambah SPG dan menampilkan promo yang dijalankan.

Stand Pameran Samsung CES Exhibition Tema Biru Putih

Penataan Cahaya Booth

Penataan cahaya yang baik dan benar pada booth mampu meningkatkan ketertarikan pengunjung untuk melewati dan mengunjungi booth pameran bisnis Anda. Dengan menggunakan penerangan yang baik membuat area booth pameran bisnis Anda menjadi lebih menonjol dibanding booth lainnya. Dengan pencahayaan membuat semua produk, banner, serta area booth terlihat jelas walaupun pengunjung dari jarak yang jauh.

Tema Booth

Berbicara mengenai bisnis pastinya setiap bisnis memiliki tema tersendiri. Dengan menjalankan tema pada booth pameran nantinya akan membuat pengunjung menjadi lebih tertarik mengunjungi booth Anda, dikarenakan booth pameran Anda memiliki suasana yang sesuai dengan produk / brand yang ditawarkan.

Contohnya bila produk bisnis Anda adalah peralatan pendaki gunung, maka tema booth pastinya akan menampilkan suasana alam atau petualang pada banner dan spanduk. Tema booth bisa juga dijalankan untuk berbagai produk bisnis lainnya seperti kendaraan motor, mobil, gadget, Air Conditioner, Console Games, Spare Part, alat rumah tangga, mesin, alat berat dan lainnya.

Display Produk

Untuk display produk sebaiknya tidak terlalu banyak dan hanya menonjolkan produk utama / terbaru. Usahakan agar penempatan produk dapat terlihat jelas oleh para pengunjung. Apabila produk yang ditawarkan adalah Gadget, maka sebaiknya memberikan area display produk yang dapat memudahkan pengunjung untuk mencoba produk tersebut. Gunakanlah etalase kaca dengan pencahayaan LED untuk membuat produk menjadi mudah terlihat.

Dengan begitu pengunjung dapat langsung mengetahui produk yang ditawarkan dengan mengoperasikannya langsung. Saat pengunjung mencoba produk, maka sebaiknya para SPG mulai membantu menjelaskan dan menjawab setiap pertanyaan pengunjung. Hal ini mampu meningkatkan ketertarikan pengunjung untuk membeli produk yang ditawarkan.

Penataan Display Visual

Penataan display visual pada booth pameran dapat menggunakan display X Banner / Y Banner / Roll Up Banner, Mini X Banner, Magnetic Backdrop, Brosur, Kartu Nama dan Info Produk di Acrylic. Penggunaan display cetak seperti ini sebaiknya juga diselaraskan dengan tema booth nantinya.

Penggunaan warna, informasi promo, pengenalan produk terbaru dan informasi penting lainnya dapat dibuat kedalam display yang telah disebutkan diatas. Hal ini mampu membuat pengunjung dari jauh pun dapat melihat brand, produk, promo yang sedang ditawarkan di booth bisnis Anda.

Menggunakan SPG

SPG atau Sales Promotion Girls sebaiknya juga ada melayani pengunjung di booth pameran. Tujuan utamanya pasti untuk menarik pengunjung untuk mampir ke booth. Sebaiknya para SPG juga sudah di Training terlebih dahulu mengenai brand, produk / jasa dan hal lainya yang umumnya ditanyakan oleh para pengunjung. Anda juga dapat menjalankan sistem bonus bagi para SPG jika mereka berhasil menjual produk. Dengan cara ini mampu membuat para SPG menjadi lebih giat dalam membantu memasarkan produk bisnis Anda.

Promo Produk

Lakukan persiapan mengenai promo apa saja yang akan dijalankan nantinya saat pemeran berlangsung. Dengan menjalankan promo, diskon, beli 1 gratis 1, cashback, hadiah atau kupon undian yang mampu membuat pengunjung menjadi tertarik untuk melakukan pembelian produk bisnis Anda, karena dirasa lebih menguntungkan dan menjadi lebih murah pastinya.

Itulah beberapa tips penting untuk membuat booth atau stand pameran menjadi ramai pengunjung. Strategi yang baik dan tepat harus dirancang dari jauh hari, agar saat nanti pameran berlangsung berjalan dengan baik. Anda juga dapat mempelajari strategi pameran dari lawan bisnis atau dari pameran yang telah Anda ikuti sebelumnya. Informasikan pula ke berbagai media sosial (Facebook – Instagram) Official bisnis Anda dari jauh hari, agar para pelanggan setia bisa ikut datang meramaikan pameran bisnis Anda nantinya.

Image Source : Link

Related Posts