Tips Membuat Company Profile Yang Profesional

Company profile adalah salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh perusahaan baik perusahaan besar maupun kecil. Company profile sendiri berfungsi sebagai media publikasi, promosi sekaligus untuk menarik perhatian investor. Lalu bagaimana tips membuat company profile yang profesional?

Ketahui Apa Saja Data yang Perlu Dicantumkan

Sebelum memulai membuat, Anda harus tahu apa saja yang perlu dicantumkan di dalam compro. Data yang wajib atau harus dicantumkan yaitu Sejarah dan struktur dari perusahaan Anda. Kemudian cantumkan visi dan misi dari perusahaan Anda untuk menambah informasi mengenai perusahaan Anda.

Cantumkan produk atau jasa dari perusahaan Anda untuk memperkenalkan apa yang Anda tawarkan pada calon pelanggan. Jika ingin lebih lengkap Anda juga bisa mencantumkan rincian produk atau jasa dengan disertai gambar. Tambahkan juga kelebihan dari perusahaan Anda untuk menambah kredibilitas.

Anda juga bisa menampilkan apa saja pencapaian yang diraih perusahaan Anda, hal ini tentu akan menarik perhatian dari investor maupun calon pelanggan Anda. Setelah itu Anda juga bisa menambahi dengan kontak mulai dari nomor telepon, email, akun media sosial dan alamat kantor perusahaan Anda.

Membuat Isi Profil Secara Singkat Dan Padat

Company profile sederhana ditulis secara singkat dan padat. Dalam membuat profile usahakan agar tulisan Anda mudah dibaca dan tidak bertele tele. Hal ini perlu Anda perhatikan agar pembaca tidak bosan dan tertarik dengan profil perusahaan Anda.

Jadi, ketika data perusahaan Anda sudah terkumpul maka langkah selanjutnya yang perlu Anda perhatikan yaitu menulis profil perusahaan Anda dengan bahasa yang mudah dipahami, singkat, padat dan jelas.

Beri Informasi yang Terupdate Dan Akurat

Dalam memberikan informasi serta data di dalam profil, usahakan untuk menggunakan data yang update serta akurat. Seiring dengan berjalannya waktu tentu ada banyak perubahan yang terjadi di perusahaan Anda. Jadi, pastikan Anda mencantumkan informasi yang terupdate.

Jangan Lupa Buat Desain yang Menarik Dan Kreatif

Selain struktur isi yang sistematis, desain adalah hal yang tidak boleh Anda abaikan. Dalam membuat company profile ada beberapa hal yang bisa Anda perhatikan yaitu dari pemilihan jenis dan warna font. Bila membuat company profile dengan word Anda bisa pilih jenis font yang mudah dibaca seperti century gothic dan sebagainya.

Dalam memilih warna font usahakan sesuai dengan background yang Anda pilih agar tulisan bisa dibaca dengan baik. Selain itu, pembuatan cover baik cover depan maupun belakang juga haruslah menarik dan disertai logo perusahaan Anda.

Bila membuat CP dengan photoshop, Anda bisa melengkapi background dengan chart dan grafis agar tulisan tidak membosankan. Tidak perlu tambahan chart dan grafis yang ramai, beri secukupnya untuk memberi warna pada profil Ada.

Jika Anda membuat company profile dalam bentuk cetak baik berupa buku maupun brosur, maka pilihlah kertas yang baik dan berkualitas untuk menunjang penampilan profile perusahaan Anda.

Lengkapi Company Profile Dengan Dokumentasi Dan Review

Untuk menambah kelengkapan company profile yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menambah profile dengan gambar atau dokumentasi dari kegiatan atau fasilitas fasilitas dari perusahaan Anda. Misalnya potret dari kegiatan produksi atau potret karyawan yang sedang bekerja.

Adanya foto tentu akan membuat profile semakin menarik perhatian pembaca. Tambahkan review atau testimoni dari pelanggan untuk meningkatkan kredibilitas  perusahaan Anda.

Anda bisa mengambil testimoni dari orang orang yang memiliki popularitas atau berpengaruh dalam bisnis. Sebagai media pemasaran dan media branding, company profile perlu dibuat semenarik mungkin agar perusahaan Anda memiliki citra yang baik.

Karena dibutuhkan keahlian khusus, jika Anda kesusahan membuat company profile, maka Anda juga bisa menggunakan jasa pembuatan company profile.

Itulah beberapa tips membuat company profile yang profesional yang bisa Anda jadikan ulasan dalam membuat company profile yang profesional. Dalam membuat profile tentu dibutuhkan kreatifitas agar profile perusahaan Anda terlihat menarik baik di mata calon pelanggan maupun investor dan kolega Anda.

Related Posts