Tips Membuat Desain Poster Yang Menarik Dan Sempurna

Tips Membuat Desain Poster Yang Menarik Dan Sempurna Pranata Printing

Berikut berbagai tips membuat desain poster yang menarik dan sempurna. Walaupun perkembangan teknologi saat ini membuat keberadaan media cetak mulai tersisihkan, tapi kehadiran poster sampai saat ini masih dijadikan media publikasi cukup ampuh. Saat berencana membuat poster, usahakan desain yang dibuat harus unik sehingga bisa menarik perhatian serta mudah diingat masyarakat luas. Akan tetapi pada pembuatan poster terkadang sering dibingungkan bagaimana cara menyajikan desain poster menarik dan sempurna. Di bawah ini ada beberapa ulasan tips membuat desain poster menarik dan sempurna, diantaranya :

  1. Mudah Dibaca Dilihat Dari Jarak Jauh

Pada umumnya tujuan utama dari poster adalah untuk memberitahu public agar hadir ke sebuah acara tertentu atau sekedar untuk memberikan informasi semata. Anda harus menyajikan informasi penting yang mampu menarik rasa penasaran masyarakat terhadap poster tersebut lebih dekat dan gampang dibaca meskipun dilihat dari jarak jauh. Untuk mendesain poster, ada beberapa komponen yang harus diperhatikan diantaranya headline, rincian, dan kredit.

Headline merupakan elemen teks utama dalam desain. Perhatikan jenis font / huruf yang menarik, mudah dibaca, serta menuntut perhatian. Agar sesuai dengan elemen kedua, Anda harus memperhatikan rincian detail informasi yang ada pada poster, seperti jenis acaranya, kapan serta dimana acara tersebut dilangsungkan. Anda harus memberikan informasi lewat rincian secara ringkas.

  1. Penggunaan Kontras

Tips membuat desain poster selanjutnya adalah penggunaan kontras tinggi antara tiap elemen yang terdapat pada poster. Hal tersebut bertujuan untuk menarik rasa penasaran publik terhadap poster dan informasi yang tertuang di dalamnya. Dalam hal ini, Anda dapat melupakan palet warna monoton dan gradien yang terlihat pucat. Namun sebaliknya, pilihlah palet warna yang terlihat kontras dan lebih berani. Anda juga harus mengaplikasikan full color pada background agar poster yang Anda buat lebih menonjol.

  1. Pertimbangkan Lokasi Dan Ukuran

Selain jenis tulisan dan warnanya, lokasi dan ukuran poster juga tak kalah penting peranannya. Contohnya jika poster yang dibuat diterapkan pada dinding berwarna biru, maka pastikan poster tersebut tak memakai skema warna serupa dengan warna dinding tersebut. Sebaiknya pilih warna yang kontras supaya desain poster tak menyatu dengan warna lingkungan di sekitarnya. Walaupun merupakan faktor eksternal, tapi hal ini penting sekali untuk menarik rasa penasaran public atau orang yang membaca poster Anda.

  1. Buat Cetakan Versi Mini

Tips membuat desain poster yang tak kalah penting lainnya ialah memperhatikan versi cetaknya, Anda juga bisa membuat cetakan poster versi mini untuk digunakan pada tempat lain seperti penggunaan di social media. Ada harus ingat prinsip dasar marketing, seseorang harus melihat sesuatu hingga 20 kali agar mereka bisa mengingatnya. Mungkin beberapa jenis cetak poster ini dapat membantu Anda, misalnya dengan mempertimbangkan pembuatan awal atau header dari “versi poster” dalam situs web Anda, kecilkan ukuran gambar untuk di share di sosmed, dan buat poster yang bisa Anda kirim lewat email.

  1. Aplikasikan Daya Visual Berukuran Besar

Pilihlah gambar, teks, atau foto yang ukurannya lebih besar, ini adalah kunci agar poster anda bisa dibaca meskipun dari jarak jauh. Jika ingin menggabungkan antara teks utama dan gambar dengan ukuran yang sama besar, maka keduanya harus terlihat kontras agar gampang dideskripsikan lewat mata dan gampang dibaca.

  1. Terapkan Banyak Space

Terapkan jarak ekstra antar elemen. Mungkin hal ini tampak lucu dan aneh awalnya, namun dengan pemberian jarak ekstra di antara setiap elemen secara dramatis dapat meningkatkan daya visual sekaligus keterbacaan dalam jarak jauh. Berikut beberapa tempat yang bisa Anda berikan ruang ekstra agar menampilkan sesuatu yang menarik dalam tips membuat desain poster, diantaranya :

  • Sekitar elemen paling penting dalam desain poster.
  • Diantara baris pada teks.
  • Di sekitar lembar kerja pada margin interior.
  • Dan diantara unsur-unsur teks dan gambar.
  1. Berkreasi Dan Bersenang-Senanglah

Desain poster merupakan tempat para desainer untuk bersenang-senang. Walaupun ada berbagai hal yang harus dipertimbangkan atau dipikirkan, ini merupakan area dimana Anda dapat melanggar aturan-aturan dan menuangkan ide desain segila mungkin. Jadi tak ada salahnya untuk mencoba hal itu. Anda bisa mencoba sesuatu yang ingin dilakukan atau manfaatkan kesempatan mempelajari keterampilan atau teknik baru.

BACA JUGA :  Pengertian Dan Penjelasan Analisis SWOT Yang Harus Diketahui

Dalam membuat desain poster memang ada banyak sekali aspek yang perlu diperhatikan agar poster yang akan dicetak terlihat menarik dan sempurna. Pemilihan warna dasar, serta susunan isi dari poster akan membantu Anda mengembangkan ide desain. Cetak poster murah dengan hasil memuaskan sekarang sudah menjadi hal umum. Hubungi kontak Pranata Printing sekarang juga untuk konsultasi mengenai cetak poster. Demikian tips membuat desain poster menarik dan sempurna untuk kesuksesan event yang Anda buat!

Related Posts