Tips Membuat Desain Sertifikat Yang Menarik

Tips Membuat Desain Sertifikat Yang Menarik

Sertifikat merupakan sebuah dokumen penting dalam hidup setiap orang. Sertifikat selalu menjadi kebanggaan setiap pemiliknya. Sertifikat yang penting akan menjadi sesuatu yang dikagumi terlebih bila desain sertifikat tersebut unik, menarik dan indah dipandang. Maka dengan demikian sangat diperlukan tips membuat desain sertifikat yang menarik.

4 Prinsip Penting Ketika Mendesain Sertifikat

Hal yang membedakan sertifikat dengan lembar dokumen penting lainnya adalah desain dengan rupa menarik dari jenis tulisan yang dipakai, background yang mendukung keindahan, serta jenis kertas yang dipakainya. Sehingga untuk mendesain-nya pun harus memperhatikan 4 prinsip penting yang harus diperhatikan agar hasilnya baik, antara lain:

  1. Konsep atau ide desain sertifikat yang dipakai hendaknya disesuaikan dengan konsep lembaga, kegiatan, dan acara dan bisa didukung dengan konsep dasar yang Anda miliki.
  2. Memilih software sesuai dengan kebutuhan. Terdapat beberapa software yang bisa Anda gunakan untuk mendesain sertifikat dengan baik tentunya dengan berbagai keunggulan dan kelemahan.
  3. Bentuk yang digunakan persegi panjang (horizontal), namun tidak dipungkiri bahwa terkadang berbentuk vertikal. Untuk hal ini tergantung pada pemakaian jenis software untuk mendesain-nya.
  4. Desain yang sederhana namun menarik. Mengingat bahwa sertifikat merupakan lembaran yang sangat berharga jadi tidak mungkin desainnya tanpa menyertakan aspek estetika. Maka desain sertifikat termasuk format dan warnanya sangat perlu dipertimbangkan agar tampilannya lebih indah dan jelas.

Keempat prinsip yang telah disebutkan di atas perlu diingat dalam melakukan desain sertifikat yang berfungsi sebagai alat penunjang prestasi dan keahlian yang diperoleh seseorang dari lembaga maupun acara. Dengan prinsip di atas bila didukung dengan tips membuat desain sertifikat yang menarik akan menjadikan hasil lebih indah.

Bagaimana Tips Membuat Desain Sertifikat Yang Menarik?

Desain sangat dibutuhkan guna mendapatkan suatu nilai estetika yang lebih. Terlebih untuk selembar kertas bernilai penting, desain sangat dibutuhkan ditujukan memberikan rasa lebih kagum pada pemiliknya dan orang yang melihatnya. Maka tips membuat desain sertifikat yang menarik harus dicermati untuk keberhasilan desain. Tips membuat sertifikat yang menarik adalah sebagai berikut :

  1. Memperhatikan keindahan layout dengan tidak merusaknya
    Tidak merusak keindahan layout merupakan salah satu tips membuat desain sertifikat yang menarik. Langkahnya yakni dengan tidak banyak menyertakan teks sehingga cukup ada ruang kosong antar baris, serta tidak menuliskan secara detail, melainkan hanya menuliskan informasi penting yang ingin diberikan.
  2. Memilih warna yang cocok dengan disesuaikan tema acara atau lembaga
    Pemilihan warna untuk sertifikat sebagai suatu tips membuat desain sertifikat yang menarik adalah dengan disesuaikan dengan kegunaan sertifikat tersebut.
    Misal saja untuk pemberian sertifikat ditujukan sebagai penghargaan karyawan atas prestasi maka dipilih warna formal dengan warna dasar putih. Berbeda bilamana ditujukan untuk hal yang lebih santai semisal “peserta acara paling heboh” maka warna yang dipilih adalah warna yang ceria dan lucu.
  3. Menggunakan dan memadukan varian jenis font
    Untuk membuat desain sertifikat yang menarik bisa dilihat dari pemilihan jenis font yang digunakan. Terdapat banyak sekali jenis varian font yang tersedia pada aplikasi software pengolah gambar, maka Anda bisa memilih beberapa jenis untuk dipadukan dan disesuaikan dengan tipe penghargaannya apakah formal atau santai. Perlu diperhatikan bahwa memadukan banyak jenis varian font justru akan membuat tampilan lebih kacau dan desain Anda akan terlihat rusak, maka pilih beberapa saja yang sangat menarik dan sesuai.
  4. Pemilihan jenis kertas yang hendak digunakan
    Desain yang menarik yang telah Anda buat harus dicetak pada kertas yang berkualitas. Hal tersebut dikarenakan sertifikat menandakan lembaran berharga dan sangat bernilai sehingga tebal tipis jenis kertas yang dipakai adalah sangat mempengaruhi lembar yang istimewa dan dibanggakan itu. Tips ini terkait pemilihan jenis kertas ini sangat berpengaruh terhadap kesan yang akan diterima oleh si pemilik sertifikat tersebut nantinya.
  5. Memeriksa kembali nama penerima sertifikat sebelum dicetak
    Hal yang harus dihindari dalam pembuatan sertifikat adalah kesalahan penulisan nama untuk penerima. Tentu hal ini sangat tidak mengenakkan hati walaupun si penerima diberikan sebuah penghargaan spesial. Maka tips membuat desain sertifikat yang menarik ini adalah dengan melakukan pemeriksaan kembali.
BACA JUGA :  Cara Jitu Promosi Jualan Yang Sukses

Sertifikat akan semakin indah dan memberikan kesan yang membahagiakan bagi si penerima bilamana proses desainnya menggunakan tips membuat desain sertifikat yang menarik seperti yang disebutkan di atas. Sekian informasi dari Pranata Printing mengenai tips membuat desain sertifikat yang menarik. Bila Anda memiliki projek sertifikat dan ingin cetak sertifikat bisa menghubungi CS Pranata Printing. Kami siap melayani setiap kebutuhan cetak Anda.

Related Posts