Tips Memilih Coworking Space Yang Tepat

Saat ini keberadaan coworking space semakin menjamur di berbagai tempat terutama di kota-kota besar. Karena keberadaan ruang kerja tersebut dapat membantu banyak pihak sehingga pekerjaan dapat selesai tepat waktu.

Tempat ini juga bisa dipakai untuk berbagai keperluan seperti meeting, bekerja, mengadakan event dan lainnya. Oleh karena itu tempat ini banyak dipakai para freelancer, start up ataupun karyawan kantoran setiap harinya.

Pengertian Sederhana Dari Coworking Space

Coworking space adalah tempat yang dapat digunakan oleh masyarakat umum untuk berbagai ruang kerja, sehingga biaya operasional dapat ditekan dengan baik. Selain itu setiap orang dapat memakai fasilitas yang tersedia dengan bebas.

Ruang coworking ini biasanya diadakan oleh pihak tertentu dengan menyewakan ruang khusus ataupun meja kepada pelanggannya. Pelanggan ini merupakan freelance, pekerja kantoran, start up dan lainnya. Mereka dapat memakai semua fasilitas yang ada dengan membayar biaya sewa space tersebut.

Tips Memilih Coworking Space Yang Sesuai

Jumlah coworking space ini semakin bertambah dari waktu ke waktu. Karena, ruang kerja yang ada terbatas sedangkan kebutuhan ruang khusus untuk kepentingan tertentu tidak bisa dielakkan.

Namun setiap ruang coworking ini memiliki perbedaan antara satu dengan lainnya. Oleh karena itu Anda harus bisa memilih yang terbaik di antaranya sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Terdapat beberapa tips yang bisa Anda gunakan, seperti:

Lokasi

Lokasi sangatlah penting dalam memilih ruang coworking tersebut. Jika Anda memiliki gedung kantor sendiri maka pilihlah yang paling dekat dengan kantor masing-masing.

Jika Anda adalah freelancer, maka carilah yang paling dekat dengan kediaman Anda. Namun, Anda bisa memilih tempat yang lebih jauh jika ingin mengganti suasana kerja sehingga produktivitas dapat meningkat.

Jika Anda ingin bertemu dengan klien atau mitra kerja, maka carilah yang dekat tempat klien atau setidaknya berada di tengah-tengah lokasi Anda dengan klien. Hal ini tidak hanya menghemat biaya tetapi juga menghemat waktu kedua belah pihak.

Kemudahan Akses Fasilitas Umum

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah keberadaan fasilitas umum yang dekat dari coworking space tersebut. Pilihlah yang paling dekat dengan terminal bus, MRT ataupun stasiun kereta.

Keberadaan fasilitas umum ini akan memudahkan Anda, klien dan pihak lainnya untuk mengunjungi ruang coworking tersebut. Jadi berbagai kebutuhan dan urusan pekerjaan Anda akan berjalan dengan lancar jika tempat ini dapat dicapai dengan mudah.

Fasilitas

Memilih coworking space untuk mahasiswa, freelancer ataupun pekerja haruslah memperhatikan fasilitas yang tersedia. Pastikan tempat tersebut memiliki internet high speed, listrik stabill, pantri yang lengkap dan bersih dan lainnya.

Selain itu cek juga fasilitas kesehatan dan keamanan sehingga Anda dapat bekerja dengan nyaman. Pastikan semuanya mudah dijangkau sehingga Anda bisa menemukan dan memakainya seketika ketika dibutuhkan.

Pelayanan

Selain itu Anda harus memilih manajemen yang memberikan pelayanan terbaik. Hal ini sangat penting karena berpengaruh kepada kenyamanan ketika bekerja. Selain itu, manajemen dengan pelayanan terbaik pastinya mencerminkan profesionalisme mereka.

Jadi jika nantinya terjadi kendala selama memakai working space mereka, maka pihak manajemen akan menanggulangi hal tersebut dengan cepat. Tentunya mereka menyadari bahwa pelayanan adalah hal penting untuk bisnis jenis ini.

Ketika akan menyewa biasanya terdapat kontrak yang dilengkapi dengan jenis pelayanan yang tersedia. Pastikan Anda suka dengan term & condition yang ada agar tidak menyesal dan bisa menentukan working space terbaik.

Biaya

Hal lain yang tidak kalah penting adalah harga sewa coworking space tersebut. Biasanya antar tempat ini memiliki harga, pelayanan dan fasilitas yang berbeda-beda. Karenanya Anda harus mengetahui hal ini terlebih dahulu.

Anda bisa searching di internet terlebih dahulu atau bertanya kepada orang lain yang pernah memakai working space tersebut. Selain itu pastikan biaya yang ada sesuai dengan budget yang dimiliki.

Jangan sampai terjadi over budget untuk sewa tempat ini. Karena banyak orang yang salah memperkirakan hal tersebut dan akhirnya merusak mood Anda untuk bekerja.

Itulah beberapa tips memilih coworking space yang bisa Anda terapkan. Tentunya dengan memakai 5 tips tersebut akan membuat Anda dapat menentukan tempat kerja terbaik yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Related Posts