Tips Mempersiapkan Laporan Tahunan Perusahaan

Tips Mempersiapkan Laporan Tahunan Perusahaan PranataPrinting

Berikut tips mempersiapkan laporan tahunan perusahaan yang perlu Anda ketahui. Laporan tahunan perusahaan sudah menjadi salah satu agenda wajib yang harus dilaksanakan setiap perusahaan. Terkadang banyak pihak perusahaan yang cenderung mengabaikan pentingnya jadwal pembuatan laporan tahunan ini. Pasalnya pembuatan yang mepet tenggang waktu sering menghasilkan laporan yang kurang valid. Jangan sampai Anda belum menyusun laporan yang harus didaftarkan sampai batas pendaftaran Annual Report Award (ARA). Berikut tips menyusun laporan tahunan perusahaan yang baik.

4 Kiat Menyusun Laporan Tahunan Perusahaan

Agar tidak kelabakan dengan waktu penyerahan laporan tahunan perusahaan yang sudah mepet, Anda wajib mempraktikkan 4 kiat penting dalam tips mempersiapkan laporan tahunan perusahaan berikut ini.

  1. Menentukan Batas Waktu Penyelesaian Laporan Tahunan Perusahaan

Sebaiknya Anda membatasi penyelesaian laporan tahunan perusahaan sebelum membagikan pengumuman batas tersebut pada setiap unit divisi. Minimal buat waktu batas semu sebab Anda membutuhkan waktu untuk menerjemahkan dan mencetak laporan tersebut. Tekankan pada seluruh divisi untuk membuat laporan selesai sebelum batas yang ditetapkan.

  1. Membuat Jadwal Secara Mundur Dari Batas Waktu Yang Ditentukan

Sebaiknya Anda membuat jadwal dari batas waktu yang ditentukan secara mundur. Anda bisa membuat daftar prioritas mengenai hal-hal yang harus diselesaikan lebih dulu. Lalu buat analaisa waktu tambahan untuk melakukan desain, penerjemahan dan percetakan laporan.

  1. Menyiapkan Waktu Cadangan

Tips mempersiapkan Laporan Tahunan Perusahaan adalah memiliki waktu cadangan untuk menyelesaikan laporan secara mendetail. Tentu dalam pelaksanaan penyelesaian laporan setiap divisi, Anda bakal menemui beberapa titik kekurangan yang memerlukan evaluasi kembali. Memiliki waktu cadangan akan membuat Anda dan tim bisa memperbaiki kekurangan laporan tahunan perusahaan tersebut.

  1. Menyelesaikan Laporan Secara Detail

Sebaiknya Anda membuat laporan dalam kondisi yang baik agar laporan yang tersusun menggunakan data valid, tidak terburu-buru dan selesai tepat pada waktunya.

BACA JUGA :  Perbedaan dan Persamaan CMYK dan RGB

Laporan tahunan perusahaan merupakan dokumentasi tertulis yang berisi aktivitas pengembangan dan kinerja perusahaan  yang akan disampaikan pada pemangku kepentingan perusahaan tersebut. Laporan Tahunan ini juga menjadi daya tarik utama perusahaan untuk menarik minat pasar khususnya pemegang saham dan pemangku kepentingan lain. Tak ada salahnya menerapkan tips mempersiapkan laporan tahunan perusahaan dengan saksama.

8 Aspek Penting Agar Menghasilkan Laporan Tahunan Perusahaan Yang Baik

Agar Anda berhasil menyajikan laporan tahunan perusahaan yang baik dan berhasil memenangkan ARA, berikut 8 aspek penting dalam membuat Annual report.

  1. Memiliki Tim Yang Solid dan Berkualitas

Sekretaris perusahaan akan mengkoordinasi kinerja elemen dalam perusahaan untuk menyusun laporan secara mendetail. Elemen yang dimaksud antara lain tim SDM, Pemasaran, Keuangan dan lain-lain.

  1. Diskusi

Tips mempersiapkan laporan tahunan perusahaan adalah memerlukan pembahasan mengenai dukungan dan tanggung jawab menyelesaikan laporan setiap divisi berdasarkan materi atau data valid.

  1. Pengumpulan Data

Sebaiknya segera lakukan pengumpulan materi atau data sesuai permintaan laporan tahunan perusahaan atau ARA, BI atau Bapepam LK. Pastikan data yang dibutuhkan sudah diterima semua tim divisi.

  1. Sistematika

Laporan tahunan perusahaan yang baik harus memiliki sistematika penyajian sesuai dengan kaidah ARA atau ketetentuan Bapepam LK dan Bank Indonesia.

  1. Penyajian Isi Menarik

Tips mempersiapkan laporan tahunan perusahaan yang baik adalah memilih penggunaan kalimat yang efektif dan menarik. Sebaiknya Anda tidak menggunakan kalimat normatif atau hanya sekadar mengungkapkan definisi semata.

  1. Proses Simultan

Mengerjakan laporan tahunan perusahaan memang membutuhkan kinerja yang tepat agar bisa menyesuaikan akselerasi waktu kerja baik. Deadline yang ketat membuat Anda harus melakukan proses kerja simultan antara isi dan proses produksi.

  1. Review and Scoring

Waktu tambahan menjadi momen paling penting untuk melakukan review mengenai kaidah penulisan yang sesuai. Hal ini bisa menjadi evaluasi dan menilai apakah Laporan Tahunan berpeluang memenangkan ARA nantinya.

  1. Publishing

Dalam hal penyajian laporan tahunan perusahaan, Anda membutuhkan jasa design, layouting dan konten terbaik. Tampilan menarik dengan isi informatif akan membuat laporan Anda selaras. Hubungi CS Pranata Printing sekarang juga untuk mendiskusikan mengenai jasa desain grafis dan cetak laporan tahunan atau Annual Report perusahaan Anda.

BACA JUGA :  Tips Mudah Menjaga Profesionalitas Dalam Berbisnis

Aspek penting di atas wajib Anda perhatikan dalam mengaplikasikan tips mempersiapkan Laporan Tahunan Perusahaan yang baik. Persiapan yang matang dalam penyusunan Laporan Tahunan Perusahaan merupakan kunci keberhasilan perusahaan Anda dilirik dan meningkatkan citra perusahaan. Bisa jadi Annual Report perusahaan Anda bakal memenangkan ARA (Annual Report Award).

Related Posts