Tips Memulai Bisnis Cafe Dan Tempat Nongkrong

Tips Memulai Bisnis Cafe Dan Tempat Nongkrong Pranata Printing

Memulai bisnis cafe bisa menjadi salah satu hal yang menjanjikan. Kafe menjadi tempat bersantai dan berkumpul bagi banyak orang. Hidangan lezat, tempat yang nyaman dan lokasi strategis akan membuat kafe memiliki banyak pengunjung.  Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis yang bisa mendatangkan banyak omset ini, berikut tips dan triknya.

Business Plan Dan Konsep

Business plan merupakan hal penting yang harus dimiliki wirausahawan. Business plan membantu seorang wirausahawan untuk menggambarkan semua unsur yang relevan berkaitan dengan usahanya, merinci dan membantu memperkirakan kapan modal bisa kembali. Hal-hal yang masuk dalam business plan diantaranya adalah target pasar, konsep permodalan dan kemungkinan hadirnya kompetitor. Tanpa adanya business plan, bisnis hanya akan menjadi sebuah kegiatan tanpa arah dan tanpa perkiraan kapan modal yang dikeluarkan akan kembali.

Konsep yang baik tentu didukung dengan tempat strategis. Tidak perlu menyewa ruko di pusat perbelanjaan yang menghabiskan banyak biaya, Anda hanya perlu memilih lokasi dengan mempertimbangkan kenyamanan pengunjung. Misalnya pilih lokasi yang dengan dekat sekolah, kampus ataupun jalanan kecil yang banyak dilalui orang. Bila perlu mintalah masukan dari beberapa orang untuk mendapatkan lokasi paling strategis dan nyaman dengan harga sewa bersahabat.

Floor Plan

Setelah merasa mantap dengan business plan yang dimiliki, kini saatnya Anda membuat floor plan. Floor plan merupakan konsep interior yang akan menentukan aktivitas dan alur transaksi dalam sebuah ruangan. Dengan adanya floor plan, Anda dapat merencanakan dimana letak dapur, kursi pengunjung, kasir dan berbagai interior lainnya. Anda tidak boleh asal-asalan dalam merencanakannya, ingat bahwa tujuan utama membangun sebuah kafe adalah untuk membuat orang betah berlama-lama berada di dalamnya. Jika peletakan dan suasana kafe terkesan semrawut sudah dapat dipastikan jika orang tidak akan merasa nyaman dan betah berlama-lama.

BACA JUGA :  5 Tips Investasi Emas Bagi Pemula Agar Menguntungkan

Membeli Bahan Baku Dari Tempat Grosir

Prinsip bisnis adalah mengeluarkan modal sekecil-kecilnya untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Oleh karena itu, seluruh pengeluaran saat memulai bisnis harus benar-benar Anda pertimbangkan. Belilah bahan baku makanan dan minuman cafe dari tempat grosir agar mendapatkan harga yang lebih murah.

Jumlah banyak yang harus dibeli di tempat grosir sering menjadi pertimbangan para pemula. Mereka biasanya khawatir jika bahan baku tersebut akan terbuang sia-sia karena ternyata kafe tidak langsung ramai pengunjung. Untuk mengatasi hal ini, Anda perlu menggunakan manajemen risiko. Petakan bahan baku mana saja yang bisa tahan lama hingga berbulan-bulan dan bahan baku yang bisa basi hanya dalam 1 atau 2 hari. Pilihlah bahan baku yang tahan lama untuk dibeli di pusat grosir. Sedangkan untuk bahan baku yang cepat rusak, Anda harus tetap mencari pengecer termurah untuk membelinya. Pada intinya gunakan kalkulasi yang tepat dan jangan jor-joran saat memulai bisnis.

Memaksimalkan Tenaga Yang Dimiliki

Seorang wirausahawan harus berjuang keras di awal untuk meraih kesuksesan di masa mendatang. Jangan terburu-buru menganggap diri Anda bos sehingga merekrut banyak karyawan untuk mengerjakan semua pekerjaan yang ada di kafe. Sekali lagi pergunakan kalkulasi yang tepat. Semakin banyak karyawan yang direkrut maka akan semakin banyak pula gaji yang harus Anda bayarkan setiap bulannya. Sedangkan saat memulai bisnis, Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di depan.

Mulailah dengan memaksimalkan tenaga sendiri yang dimiliki. Anda hanya perlu merekrut 1 atau 2 orang untuk membantu seluruh pekerjaan yang ada di kafe. Sehingga modal yang dimiliki bisa dialokasikan untuk kebutuhan bisnis lainnya yang lebih penting.

Kafe menjadi bisnis yang cukup menjanjikan di era yang serba modern ini.  Tidak hanya sekedar menjadi tempat bersantai, orang-orang juga menggunakan kafe sebagai tempat belajar ataupun bekerja. Omset yang bisa didapat per bulannya pun cukup menggiurkan. Meski demikian Anda tidak bisa memulai bisnis ini tanpa perencanaan yang matang hanya karena tergiur pada omset yang didapat. Ada baiknya sebelum Memulai bisnis cafe, lakukan riset ke beberapa kafe yang gemar Anda kunjungi untuk melihat bagaimana cara mereka beroperasi. Tujuannya tentu untuk mematangkan persiapan membangun bisnis yang sedang dilakukan.

Related Posts