Tips Memulai Bisnis Rental Mobil Dengan Modal Kecil

Tips Memulai Bisnis Rental Mobil Dengan Modal Kecil Pranata Printing

Bisnis rental mobil memiliki potensi besar. Masyarakat membutuhkan mobil untuk digunakan dalam perjalanan wisata atau kepentingan lainnya. Kebutuhan menyewa mobil makin meningkat, sehingga peluang yang bagus untuk membuka bisnis rental mobil. Ingin membuka rental mobil namun tidak memiliki modal besar, sebaiknya jangan memaksakan karena Anda bisa membuka rental mobil dengan modal kecil.

Sukses Membangun Bisnis Rental Mobil Modal Minim

Memilih menjalankan bisnis rental mobil adalah pilihan tepat. Bisnisnya fleksibel karena dapat dijalankan di rumah atau tempat khusus rental mobil. Selain fleksibel keuntungan yang didapatkan juga besar. Menurut survey ke beberapa pebisnis rental mobil dapat menghasilkan keuntungan 7 hingga 10 juta setiap bulan. Pekerjaannya hanya duduk sambil menyewakan mobil miliknya kepada orang.

Sebelum mendapatkan keuntungan besar diperlukan persiapan yang matang. Salah satu persiapan utama memulai bisnis rental mobil yaitu investasi kendaraan. Semakin banyak kendaraan yang disediakan, maka keuntungan Anda juga makin besar. Minimal investasi mobil sebanyak 5 buah. Bila modal investasi mobil sudah kembali Anda bisa membeli mobil lagi. Apa saja hal yang perlu diperhatikan dalam memulai bisnis rental mobil modal minim? Persiapan yang dilakukan bisa dilihat pada berikut ini.

Membeli mobil yang paling banyak diminati konsumen

Calon konsumen lebih menyukai sewa mobil yang memiliki daya tampung besar, nyaman dan BBMnya irit. Jenis mobil seperti yang diinginkan calon konsumen yaitu Avanza, Xenia, Grand Max, APV dan Innova. Setiap konsumen pasti mencari kendaraan merk tersebut, sehingga Anda harus mempersiapkan jenis mobil yang diinginkannya.

Membeli mobil baru

Hindari membeli mobil bekas, karena Anda tidak mengetahui langsung kondisinya. Mungkin saja kendaraan bekas kondisinya rusak parah, mesinnya sering mati atau mogok. Kendaraan seperti ini tidak boleh disewakan karena dapat membuat pelanggan kecewa. Perasaan kecewa pelanggan memberikan pengaruh review negatif dan mempengaruhi bisnis rental mobil Anda.

BACA JUGA :  Pengertian Franchise Dan Contohnya

Membeli mobil baru dengan sistem kredit

Hanya memiliki modal minim untuk membuka rental mobil membuat Anda bingung dalam membeli mobil. Tenang saja Anda bisa mengatasinya dengan membeli mobil menggunakan sistem kredit. Modal yang perlu dipersiapkan hanya untuk membayar DP mobil, sedangkan angsurannya bisa dibayar menggunakan pendapatan sewa mobil setiap bulan.

Rencanakan program angsuran kendaraan selama 3 tahun. Satu bulannya bisa mengambil cicilan sebanyak Rp. 4.000.0000. Pendapatan sewa lebih banyak dari angsuran mobil, jadi sisa pendapatan bisa digunakan untuk keperluan bisnis yang lain.

Menentukan harga sewa

Tentukan harga sewa bisnis rental mobil. Masing-masing kendaraan harus ditentukan harga sewanya. Biasanya harga ditentukan oleh jenis mobilnya, harga sewa mobil umumnya berkisar Rp. 250.000 sampai Rp. 400.000. Berbeda jika Anda menyediakan mobil bagus seperti Alphard, CRV atau mobil mewa lainnya. Harga sewa mobil mewah dibanderol sampai jutaan.

Buat Syarat dan ketentuan rental mobil

Resiko bisnis rental mobil yaitu pencurian, jadi Anda harus membuat syarat dan ketentuan sewa untuk menghindari hal tersebut. Salah satunya yaitu membuat sistem sewa kendaraan dengan syarat KTP, kartu keluarga, SIM atau surat penting lainnya.

Aturlah waktu lama penyewaan mobil. Biasanya waktu sewa dibatasi selama 12 jam sampai 24 jam. Bila penyewa melebihi batas waktu yang telah ditentukan, penyewa harus membayar denda sewa.

Promosi bisnis rental mobil

Hal terakhir yang harus diperhatikan dalam menjalankan rental mobil yaitu promosi. Anda bisa mempromosikan bisnis Anda ke target pasar yang tepat. Aktif melakukan promosi secara offline dengan menyebar brosur. Promosi offline juga dapat dilakukan dengan menawarkan kerja sama dengan pihak tempat hiburan, hotel dan perusahaan. Biasanya mereka membutuhkan mobil untuk para tamu. Selain offline Anda juga dapat promosi melalui online lewat instagram, facebook, youtube, twitter dan media promosi online lainnya.

BACA JUGA :  Tips Sukses Membuka Bisnis Salon Kecantikan

Itulah cara sukses memulai bisnis rental mobil dengan modal minim. Nah dengan adanya cara di atas, Anda pasti percaya kalau membuka rental mobil ternyata bisa menggunakan modal sedikit. Dari modal minim Anda dapat mengembangkan bisnis agar lebih besar melalui pendapatan sewa. Manage keuangan bisnis secara tepat, keuangan utama harus digunakan dalam pengembangan bisnis supaya maju.

Related Posts