Tips Memulai Usaha Bengkel Variasi Motor

Tips Memulai Usaha Bengkel Variasi Motor Pranata Printing

Peluang bisnis bengkel variasi motor cukup menjanjikan pada era ini. Dengan banyaknya jumlah kendaraan bermotor, bisnis ini bisa meraup untung yang sangat banyak. Terlebih lagi setiap orang tentu akan mempunyai selera tersendiri terhadap kuda besinya. Merasa tidak ingin sama dengan motor lainnya, terkadang para pemilik motor ini akan memilih untuk memberikan variasi pada kendaraannya.

Selain supaya tampil beda, variasinya ini juga untuk memperindah tunggangannya. Dengan semakin bagus motornya, maka juga akan menimbulkan efek percaya diri bagi pengendaranya. Berbeda dengan usaha bengkel motor perawatan yang harus memperbaiki dan merawat kerusakan motor, bahwa pada usaha yang satu ini memang difokuskan terhadap kreativitas dari pemilik bengkel variasi itu sendiri.

Dari perbedaan pekerjaan ini tentunya membutuhkan cara kerja yang berbeda pula. Tidak hanya cara kerja, melainkan cara pemasaran dan jenis pelanggan yang berbeda pula. Hal ini karena untuk usaha bengkel variasi motor harus menemukan konsumen khusus yang memang menggemari motor itu sendiri.

Kebanyakan pada konsumen bengkel variasi motor merupakan masyarakat yang berada di kalangan ekonomi menengah ke atas. Terlebih memodifikasi motor juga memerlukan biaya yang tidak kecil untuk membuat motor sesuai dengan selera konsumen. Lantas seperti apa tips yang bisa dilakukan dalam menjalankan usaha ini? Berikut selengkapnya!

7 Tips untuk Memulai Usaha Variasi Motor yang Perlu Anda Terapkan

Berikut merupakan beberapa tips yang dapat dijalankan untuk memulai usaha variasi motor bagi pengusaha pemula untuk menarik perhatian konsumen.

  1. Lokasi bukan menjadi hal yang penting

Untuk usaha variasi motor tidak membutuhkan lokasi yang strategis. Hal ini dikarenakan, konsumen mendatangi bengkel bukan karena insidental maupun urgensi seseorang membuat variasi sebuah kendaraan. Bila memang memungkinkan, pilihlah lokasi yang tidak memerlukan dana yang besar.

BACA JUGA :  7 Tips Sukses Untuk Memulai Bisnis Restoran

Hal ini bertujuan untuk menekan biaya operasional dari bengkel itu sendiri. Biaya dapat dialihkan pada perangkat modifikasi yang membutuhkan biaya yang lumayan besar.

  1. Perluas kerja sama dengan komunitas

Dalam usaha bengkel variasi motor memiliki konsumen yang tidak mudah ditemukan. Cara terbaik untuk menemukan pasar tersebut, yaitu dengan mengenal komunitas-komunitas motor.

Komunitas ini tentunya mewadahi kegemaran mereka terhadap aktivitas yang berhubungan dengan usaha variasi motor. Dengan hubungan baik ini, Kita akan mendapatkan kesempatan baik jika mereka bisa menjadi konsumen bahkan pelanggan bengkel variasi motor Kita.

  1. Maksimalkan dana pada perangkat dan produk modifikasi

Keberhasilan usaha variasi motor jika terletak pada kelengkapan perangkat modifikasi yang mampu melayani keinginan konsumen. Semakin lengkap produk yang disediakan, semakin baik pula pelayanan dan kemampuan Kita dalam menghasilkan modifikasi motor pelanggan. Jadi jangan ragu untuk memaksimalkan modal Kita untuk kelengkapan perangkat modifikasi bengkel variasi motor Kita.

  1. Perkaya inovasi dengan belajar dan referensi

Dalam variasi motor tidak ada standar baku, variasi harus seperti apa. Dalam usaha variasi motor, kreatifitas, dan inovasi sangat dibutuhkan untuk memperoleh hasil variasi motor yang mengesankan. Dari hal ini, maka Kita perlu banyak melihat contoh-contoh variasi motor dari berbagai negara yang mampu memperkaya kreativitas Kita dalam memodifikasi sebuah motor.

  1. Pekerjakan tenaga yang berkompeten

Dalam memodifikasi motor, tentunya tidak dapat Kita jalankan secara pribadi. Kita perlu melibatkan orang-orang professional untuk memperoleh hasil variasi maupun pekerjaan yang sesuai harapan konsumen.

Jadi dalam mempekerjakan tenaga, sebaiknya Kita benar-benar selektif dalam memilih tenaga kerja guna memenuhi kebutuhan konsumen dalam memodifikasi motor yang dimiliki. Kita ketahui bersama bahwa dalam memodifikasi motor tentunya memerlukan keahlian khusus yang menjadi modal dalam memenuhi keinginan dan selera konsumen.

  1. Temukan supply terbaik

Pada bagian ini masih terkait bahan-bahan dan produk yang digunakan dalam memodifikasi sebuah kendaraan atau motor. Kondisi dari produk yang digunakan untuk memodifikasi kendaraan tentunya berpengaruh terhadap hasil variasi yang diciptakan. Sebaik apapun kemampuan tenaga kerja, tentunya tidak ada nilainya produk yang dipakai abal-abal.

BACA JUGA :  Alasan Jasa Titip Bisa Menjadi Bisnis Menguntungkan

Selain kondisi produk yang baik, sebaiknya Kita juga memilih produk dengan biaya yang tidak begitu mahal. Hal ini bertujuan untuk menekan pembiayaan maupun ongkos dari bengkel itu sendiri. Dari hal ini tentunya berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dari sisi produk maupun harga.

  1. Berikan contoh produk maupun brand bengkel variasi motor

Untuk memberikan gambaran mengenai hasil bengkel yang Kita kelola, sebaiknya berikan album maupun kumpulan gambar mengenai produk yang telah Kita kerjakan. Hal ini bertujuan untuk menarik perhatian konsumen, sekaligus menampilkan kemampuan Kita dalam memodifikasi kendaraan bermotor.

Itulah beberapa tips dalam memulai sekaligus menjalankan usaha bengkel khususnya dalam hal variasi motor.

Related Posts