Tips Meningkatkan Kemampuan Desainer Grafis Dengan Mudah

Tips Meningkatkan Kemampuan Desainer Grafis Dengan Mudah

Apakah Anda seorang Desain Grafis? Atau baru ingin memasuki dunia ini? Berikut tips meningkatkan kemampuan desainer grafis dengan mudah. Desain Grafis merupakan bidang yang dinamis dikarenakan perkembangan dan keinginan pasar yang selalu berubah-ubah. Maka dari itu seorang Desainer Grafis seharusnya mengikuti perkembangan tersebut agar kemampuan desain grafis tetap Up-To-Date. Desain grafis adalah teknik untuk menyampaikan suatu informasi dengan perpaduan berbagai objek visual menjadi satu kesatuan gambar.

Kreativitas merupakan salah satu kunci untuk menghasilkan karya desain yang berbeda. Namun apakah hanya dengan kreatif saja sudah cukup? Hal ini tentu saja tidak, dikarenakan ada berbagai hal yang harus dikembangkan. Dengan mengasah terus kemampuan akan dunia Desain Grafis diharapkan mampu membuat Anda dapat lebih berkembang, kreatif dan mampu memenangkan persaingan pastinya. Berikut ini beberapa tips untuk meningkatkan kemampuan desainer grafis Anda.

Meningkatkan Kemampuan Desainer Grafis

Ada beberapa poin yang mendasar yang sebenarnya sudah harus Anda pelajari dalam dunia desain grafis, seperti mempelajari teori desain grafis dan tutorial dasar pelajaran mendesain. Anda juga dapat mengikuti kursus, pembelajaran akademis atau mengikuti tutorial dari berbagai website. Dengan memahami dasar desain grafis, maka hal ini akan menjadi satu tahap awal yang baik dan pastinya mampu membantu Anda mengembangkan kemampuan desainer grafis menjadi lebih mudah.

Kolektor Desain

Untuk meningkatkan kemampuan desainer grafis sebaiknya coba untuk terus menjadi seorang kolektor. Anda dapat mengumpulkan berbagai macam data online dan offline seperti link referensi (forum, blog, marketplace design, web profile, web mockup, youtube dll), buku panduan, majalah, poster, brosur, kartu nama dan referensi lainnya. Data online dapat Anda simpan ke dalam folder maupun di Bookmark pada Browser yang digunakan.

Mengapa harus terus menjadi seorang kolektor desain? Hal ini dikarenakan mampu membuat Anda terinspirasi untuk membuat karya desain grafis yang lebih baik pastinya. Dengan mengkoleksi hasil desain juga mampu membuat Anda menjadi terbuka akan hal baru dari teknik desain dan kategori desain yang belum pernah Anda kerjakan.

Mencoba Hal Baru

Setelah menjadi kolektor desain, maka selanjutnya Anda harus terus mencoba hal baru di dunia desain grafis. Mencoba sesuatu yang baru adalah cara terbaik agar Anda selalu berkembang akan dunia desain grafis. Hal baru apa saja yang perlu dilakukan? Mudahnya adalah dengan melakukan berbagai eksperimen dalam menghasilkan karya baru dengan kategori desain berbeda-beda.

Dengan melakukan desain yang berbeda-beda kategori, maka akan membuat Anda memahami teknik desain yang digunakan, software dan bagaimana cara agar hasil yang ingin dicapai dapat sesuai dengan keinginan. Contohnya bila hari ini fokus untuk membuat sebuah desain poster, maka esok hari bisa membuat desain kartu nama dan berikut seterusnya. Bila hal tersebut masih sulit dilakukan, maka Anda dapat mencobanya dengan membuat sketsa pada kertas. Perlu diingat bahwa dengan mencoba hal baru pastinya akan membuka peluang baru bagi Anda.

Redesain

Redesain karya milik orang lain juga dapat membantu Anda mengembangkan kemampuan desainer grafis. Redesain yang dimaksud adalah membuat kembali desain yang lebih baik dari referensi desain yang ada. Anda juga dapat melakukan redesain pada projek lama Anda. Melakukan redesain akan membuat Anda terus berkreasi mengembangkan ide-ide yang lebih kreatif dan menantang.

Publikasi Hasil Desain

Mempublikasikan hasil desain yang Anda buat adalah salah satu cara agar meningkatkan kemampuan desainer grafis. Anda dapat mempublikasikan hasil desain ke area website desain, forum  desain atau blog desain Anda sendiri. Secara tidak langsung hasil desain akan dilihat oleh banyak orang. Dengan melakukan hal tersebut maka akan ada kritik dan saran yang membangun untuk Anda agar terus berkarya dan menjadi seorang desainer grafis yang lebih baik.

Dengan masuk ke area website / forum / komunitas desain, maka Anda juga dapat bertemu sesama desain grafis dan bisa berdiskusi membicarakan mengenai berbagai hal mengenai dunia desain grafis. Anda dapat mengikuti Group Facebook, mengikuti kanal desain di forum terkenal dan juga mengikuti profil para desainer grafis terkenal di Instagram / Twitter. Semakin banyak kolega di dunia desain grafis, maka akan semakin baik. Dikarenakan Anda akan bisa berbagi pengalaman, dapat menerima dan memberikan masukan, serta mendiskusikan berbagai hal mengenai dunia desain grafis.

Berpergian

Cobalah untuk berpergian ke berbagai tempat baru di dalam kota maupun diluar kota. Hal ini mampu membuat Anda mendapatkan inspirasi baru. Jangan lupa juga untuk mengabadikan momen penting tersebut. Momen yang menurut Anda penting nantinya dapat dilihat kembali atau menjadi referensi untuk bahan desain. Bila Anda ke luar kota, maka sempatkan diri untuk pergi ke area pantai, pegunungan, sawah, museum, seni budaya atau tempat yang belum pernah dikunjungi agar Anda mendapatkan inspirasi baru.

Sekian tips meningkatkan kemampuan desainer grafis dengan mudah dari Pranata Printing. Beberapa poin diatas dapat Anda kembangkan sesuai dengan minat dan bakat Anda. Jika Anda seorang desain grafis dan ingin mencetak hasil desain Anda, segera hubungi kontak Pranata Printing sekarang juga untuk berkonsultasi.

Related Posts