Tips Meningkatkan Kredibilitas Bisnis Online

Tips Meningkatkan Kredibilitas Bisnis Online

Meningkatkan kredibilitas bisnis online sangat penting demi mengembangkan pemasaran produk yang Anda jual. Mengingat saat ini persaingan bisnis semakin ketat dan harus pintar membaca peluang agar apa yang kita jual laku dan memiliki nilai lebih di pasaran. Terutama bisnis online yang saat ini lagi tren di kalangan masyarakat. Apabila Anda dapat mengelola bisnis online dengan baik maka Anda akan mendapatkan keuntungan berlipat serta waktu lebih efisien.

Cara Meningkatkan Kredibilitas Bisnis Online

Kredibilitas adalah ukuran terhadap kualitas produk yang akan menimbulkan nilai kepercayaan. Maka dari itu Anda sebagai pelaku bisnis wajib meningkatkan kredibilitas bisnis online agar konsumen percaya terhadap produk yang Anda jual dan nyaman terhadap pelayanan yang Anda berikan. Bagi Anda pemula disini kami berbagi beberapa tips untuk meningkatkan kredibilitas bisnis online Anda.

1. Alamat Toko Jelas

Demi meningkatkan kredibilitas bisnis online, maka Anda harus memiliki alamat toko online yang jelas. Usahakan jangan menggunakan domain yang gratis, sehingga para pelanggan akan mengira bahwa usaha Anda dapat dipercaya karena menggunakan domain yang berbayar. Mengingat saat ini semakin banyaknya toko online kerap terdengar penipuan. Maka Anda harus memberikan pelayanan dan menjual produk yang sesuai dengan apa yang di tawarkan, sehingga pelanggan merasa puas.

2. Profil Toko Online

Agar pelanggan lebih tau tentang keberadaan toko Anda, maka alangkah baiknya Anda membuat profil yang menggambarkan bisnis Anda bisa melalui blog atau menu website Anda. Informasi yang bisa Anda cantumkan meliputi nama toko, pemilik toko, alamat, foto-foto pendukung, email dan nomor telepon (Whatsapp). Jangan sampai Anda mencantumkan data yang salah.

Anda harus mengisi profil dengan sebenar-benarnya sehingga para pelanggan akan semakin percaya bahwa Anda serius menjalankan bisnis. Dampaknya sangat baik untuk perkembangan bisnis online Anda, karena akan melancarkan komunikasi mengenai tanya jawab produk sampai tahap pemesanan dan pengiriman barang tepat waktu.

3. Komentar Pelanggan

Apabila toko Anda sudah banyak pembelinya, maka Anda harus memberikan pelayanan yang baik sehingga harapannya pelanggan puas dengan pelayanan yang Anda berikan. Pada bisnis online kita akan tau respon para pembeli produk Anda dengan melihat kolom komentar pada website atau pada halaman lokasi di Google Maps.

Para pelanggan berhak memberikan pujian, kritik dan saran atas apa yang sudah dirasakan pelanggan setelah membeli produk Anda. Toko Anda akan mendapatkan nilai plus apabila memiliki banyak komentar yang positif. Komentar ini memiliki dampak yang bagus bagi perkembangan bisnis online Anda. Para calon pelanggan lainnya akan lebih cepat percaya terhadap toko Anda, karena sudah banyak pelanggan yang puas terhadap produk dan mendapatkan pelayanan yang bagus dari komentar yang terlihat.

4. Akun Sosial Media

Demi meningkatkan kredibilitas bisnis online dengan adanya akun sosial media, maka Anda memiliki banyak peluang untuk mempromosikan produk Anda lewat akun sosial media. Di zaman yang serba canggih ini hampir setiap orang sudah memiliki smartphone yang tentu sudah memiliki akun media sosial. Dari sini silahkan membuat promosi yang berkualitas sehingga dapat menarik perhatian para calon pelanggan. Ada banyak akun yang dapat Anda gunakan seperti Linkedin, Facebook, Instagram, Twitter dan berbagai sosial media lainnya yang saat ini menjadi favorit masyarakat.

Dengan adanya sosial media pastinya akan membantu Anda untuk lebih dekat dengan para calon konsumen dalam membagi informasi bermanfaat. Para calon konsumen pun akan lebih tertarik karena di sosial media bisnis online Anda selalu aktif dan membagikan hal yang dibutuhkan oleh para calon konsumen. Keterkaitan hubungan ini akan membangun pangsa pasar yang sehat dan pastinya saling menguntungkan.

5. Pelayanan Pengiriman

Demi meningkatkan kredibilitas bisnis online wajib melayani pembeli dengan baik, maka jangan lupa lakukan konfirmasi bagi para pembeli yang sudah memesan produk Anda. Mereka pasti ingin tau mengenai kejelasan produk yang mereka pesan sudah diproses untuk dikirim atau belum. Anda juga dapat memberi kabar mengenai nomor resi pengiriman bila menggunakan ekspedisi, sehingga pelanggan bisa mengecek sendiri barangnya sudah sampai mana. Dengan begitu pelanggan pun merasa tenang dan tidak khawatir terjadinya kelalaian dari pihak pengirim.

6. Menjaga Kepercayaan Pelanggan

Jangan sia-siakan kepercayaan yang sudah diberikan oleh pelanggan dengan terus memperbaiki kualitas dan konsisten untuk selalu jujur dengan apa yang ditawarkan dan barang yang dikirim sesuai dengan gambar yang ditawarkan. Anda juga dapat membangun komunikasi yang baik saat proses konsultasi dan transaksi berlangsung. Usahakan untuk selalu tanggap dalam memberikan solusi akan setiap pertanyaan yang diberikan oleh konsumen Anda. Dengan begitu kepercayaan pelanggan dalam melakukan transaksi dengan bisnis online Anda semakin meningkat.

7. Menggunakan Ukuran Kredibilitas

Demi meningkatkan kredibilitas bisnis online, maka tak ada salahnya untuk mencontoh toko online yang telah sukses lakukan. Sehingga Anda memiliki pedoman untuk menyiapkan apa saja yang harus disiapkan agar toko Anda memiliki label kredibel. Anda dapat menyiapkan berbagai poin penting yang belum dilaksanakan di bisnis online Anda.

Demikianlah beberapa tips meningkatkan kredibilitas bisnis online dari Pranata Printing. Semoga bisnis online Anda semakin berkembang pesat. Upayakan untuk selalu berinovasi menemukan potensi baru dalam bisnis Anda. Pranata Printing siap membantu Bisnis Online Anda untuk memenuhi kebutuhan cetak seperti cetak box, kartu nama, stiker, brosur, souvenir dan berbagai hal lain mengenai promosi cetak yang dapat menunjang bisnis online Anda.

Related Posts