Tips Menjadi Customer Service Yang Baik Dan Disukai Pelanggan

Tips Menjadi Customer Service Yang Baik Dan Disukai Pelanggan

Setiap perusahaan memiliki layanan customer service. Layanan ini sangat berhubungan erat dengan pengalaman pembeli pada pemakaian produk perusahaan. Perusahaan telah mengeluarkan biaya, tenaga dan waktu untuk memberikan layanan customer service secara offline maupun online. Perusahaan berusaha menyediakan customer service yang baik serta profesional untuk melayani pembeli.

Kenapa harus memilih customer service yang baik? Karena menurut survey, customer service yang baik bisa menguntungkan perusahaan. Berbeda dengan customer service yang tidak berkompeten bisa membuat perusahaan rugi. Penurunan kerugian perusahaan bisa mencapai 65% per tahunnya.

Bagaimana Cara Menjadi Customer Service Yang Baik ?

Anda telah mengetahui bahwa customer service yang memberikan pelayanan buruk dapat berdampak besar bagi perusahaan. Bukti nyata bisa Anda lihat pada review pembeli di online shop, jika mereka mendapatkan pelayanan buruk maka tidak segan memberikan review buruk.

Akhirnya bisnis online tidak berjalan lancar. Sebagai pemilik perusahaan lebih baik mencari orang yang berkompeten dalam bidang customer service. Bila kurang kompeten, Anda bisa melatihnya menjadi customer service yang baik dengan memberikan cara seperti berikut ini.

Sapa pelanggan dengan ramah

Customer service yang baik biasanya dapat menyapa pelanggan dengan sambutan hangat, jadinya terkesan ramah. Sebelum memulai pembicaraan, alangkah baiknya customer service memberikan sambutan yang berupa sapaan lembut, kemudian lanjutkan dengan pertanyaan “apakah ada yang bisa Kami bantu?”.

Dengan begitu pembeli tidak segan untuk menyampaikan keluhan mereka terhadap produk yang Anda jual. Sambutlah keluhan maupun masukan mereka secara lapang, berikan penyelesaian yang dihadapi oleh pembeli supaya mereka puas terhadap pelayanan customer service.

Mengetahui produk perusahaan

Customer service yang baik seharusnya sudah memahami tentang produk perusahaan. Pasalnya customer service yang kurang memiliki pengetahuan terhadap produk nilainya minus, karena customer service pastinya tidak bisa menjawab pertanyaan pembeli mengenai produk yang dijual.

BACA JUGA :  Cara Sukses Menarik Pelanggan Kembali Ke Toko

Beberapa pengetahuan produk yang wajib diketahui customer service yaitu bahan, warna, spesifikasi ukuran, stok, dan lainnya. Oleh sebab itu para customer service lebih baik mengikuti training untuk meningkatkan pengetahuan produk.

Komunikasi dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami

Cara menjadi customer service yang baik berikutnya yaitu pandai berkomunikasi. Ketika berkomunikasi dengan pembeli suaranya harus tegas, tidak berbelit-belit, dan menggunakan bahasa positif serta mudah dipahami. Tujuannya agar pembeli bisa mendengarkan dengan jelas dan tidak mengalami kebingungan saat berkomunikasi bersama customer service.

Sabar dalam menghadapi pembeli

Seluruh pembeli memiliki karakter yang berbeda-beda. Beberapa pembeli menghubungi customer service dengan tenang, ada juga yang menghubungi dengan marah. Dalam keadaan apapun customer service yang baik harus tetap sabar sekalipun saat menghadapi emosi dari pembeli.

Jika customer service berada di dalam posisi kurang nyaman maka, hindari membentak pembeli apalagi berbicara dengan nada tinggi. Melakukan perdebatan bersama pelanggan tidak akan memecahkan permasalahan. Lebih baik fokus saja untuk membantu pemecahan masalah yang dihadapi oleh pembeli.

Menunjukkan pelayanan dengan semangat tinggi

Customer service memegang peranan penting dalam perusahaan. Hal ini dibuktikan bahwa customer service berfungsi untuk menjaga hubungan antara perusahaan dan pembeli. Apabila Anda menjadi customer service yang baik, sebaiknya lakukan inisiatif baru dalam membangun hubungan perusahaan dan pembeli.

Meskipun feedback pelanggan tidak dapat diketahui secara langsung tetapi hasilnya pasti baik jika Anda memberikan pelayanan terbaik kepada pembeli. Saat pembeli mendapatkan pelayanan yang baik maka, mereka tidak sungkan untuk belanja lagi pada Anda.

Review pelayanan dengan meminta feedback kepada pembeli

Customer service memiliki peranan penting sehingga kinerjanya harus ditingkatkan supaya dapat melayani pelanggan dengan baik. Jangan cepat merasa puas terhadap layanan yang diberikan. Mintalah feedback berupa komentar dan saran pelayanan customer service. Apapun feedback yang diberikan, Anda harus menerimanya.

BACA JUGA :  Tips Mudah Agar Cafe Anda Selalu Ramai Pelanggan

Anda bisa meminta pembeli mengisi rating yang telah disediakan. Nanti hasil rating bisa Anda gunakan untuk memperbaiki pelayanan customer service. Demikian beberapa cara menjadi customer service yang baik. Sebelum terjun ke dunia customer service, pelajari terlebih dahulu cara di atas supaya dapat meningkatkan kualitas pelayanan Anda.

Related Posts