Tips Menjaga Kebersihan Diri Dengan Benar

Tips Menjaga Kebersihan Diri Dengan Benar Pranata Printing

Kebersihan harus diperhatikan untuk meningkatkan kesehatan diri sendiri. Ada beberapa alasan kenapa Anda harus menjaga kebersihan diri seperti kesehatan, psikologis dan sosial. Kalau tubuh kurang bersih, orang di sekitar enggan bergaul dengan Anda.

Misalnya bau mulut, gigi yang kuning, bau badan dan lain-lain bisa menyurutkan tingkat kepercayaan diri. Berikut tips menjaga kebersihan diri dengan benar yang harus Anda perhatikan dengan baik.

Tips Menjaga Kebersihan Diri Dengan Benar

Selalu Mencuci Tangan Dengan Benar

Langkah pertama yang harus Anda lakukan setiap waktu adalah mencuci tangan dengan benar. Mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun akan membantu Anda terhindar dari risiko menyentuh makanan atau mulut dengan tangan kotor.

Biasakan untuk selalu mencuci tangan setelah menggunakan toilet, makan dan minum, sebelum memasak, memegang hewan dan berada di lingkungan orang yang terkena pilek atau batuk. Jangan lupa untuk membawa hand sanitizer yang mengandung minimal 60 persen alkohol.

Selalu Menyikat Gigi

Tips menjaga kebersihan diri dengan baik adalah selalu menyikat gigi dengan baik. Sikat gigi setelah habis makan atau sebelum tidur agar Anda terhindar dari masalah kesehatan mulut seperti bau mulut, gusi berdarah, gigi berlubang dan lain-lain. Jangan lupa untuk selalu mengganti sikat gigi setiap masa tiga bulan sekali, menggunakan pasta gigi fluoride, sikat gigi minimal dua kali pagi dan malam secara rutin, periksa kesehatan gigi setiap enam bulan sekali dan lain-lain.

Menjaga Kebersihan Tangan Dan Kuku

Kuku merupakan sarang kuman dan bakteri sehingga Anda harus rajin memotong dan membersihkannya. Tips menjaga kebersihan diri adalah tidak menggigit kuku, memotong kuku yang panjang dan rajin membersihkan dengan air, sabun serta sikat kuku. Kalau kuku Anda memang dipelihara panjang, sebaiknya Anda melakukan perawatan dengan benar.

Menjaga Kebersihan Kaki

Pemakaian kaos kaki dan sepatu sehari-hari bisa memicu bau kaki tidak sedap. Perlu sekali perawatan agar kaki tetap sehat, ya! Tips menjaga kebersihan diri khusus bagian kaki antara lain rutin mengganti kaos kaki setiap hari, jangan memakai sepatu saat kaki masih basah, basuh kaki dengan air hangat dan keringkan menggunakan handuk dan potong kuku kaki.

Jika kaki mengalami masalah seperti bau kaki, sebaiknya Anda menggunakan foot spray. Lotion untuk kaki juga direkomendasikan untuk Anda yang memiliki masalah kaki kapalan. Kaki yang bersih dan terawat akan membuat Anda lebih percaya diri.

Menjaga Kebersihan Rambut Dan Wajah

Selain anggota tubuh bawah, Anda juga harus memperhatikan kebersihan rambut dan wajah. Anda bisa menerapkan tips menjaga kebersihan diri yang tak kalah vital dengan rajin keramas dan cuci muka. Gunakan produk yang sesuai dengan kondisi rambut dan kulit Anda.

Kalau ingin mendapatkan hasil maksimal, sebaiknya Anda melakukan masker dari bahan alami baik untuk rambut atau wajah. Wajah yang cerah, bebas jerawat, tidak kusam dan tampak lebih awet muda akan membuat Anda lebih menawan.

Menjaga Kebersihan Organ Reproduksi

Organ reproduksi merupakan bagian vital yang penting agar Anda terhindar dari masalah kesehatan. Bagi wanita menjaga kebersihan organ reproduksi sangat penting saat menstruasi agar terhindar dari masalah keputihan, bau tidak sedap, gatal dan lain-lain. Selalu ganti pembalut Anda setiap tiga jam sekali, memakai celana dalam berbahan katun, hindari pemakaian celana ketat, dan lain-lain. Tips menjaga kebersihan diri yang bermanfaat untuk kesehatan dan hubungan intim dengan pasangan.

Menjaga Kebersihan Pakaian

Penampilan sangat penting dalam menunjang aktivitas harian Anda baik bergaul dengan keluarga, komunikasi dengan orang lain, bekerja dan lain-lain. Oleh sebab itu tips menjaga kebersihan diri bisa Anda lakukan dengan rajin berganti pakaian. Tak harus pakaian baru tetapi Anda harus mencuci pakaian dengan baik. Jemur pakaian sampai kering sebelum dikenakan agar Anda terbebas dari kuman atau bakteri. Pakaian yang bersih, rapi dan wangi akan membuat penampilan Anda semakin menawan.

Beberapa tips menjaga kebersihan diri dengan benar wajib Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Menjaga kebersihan merupakan upaya untuk meningkatkan kesehatan Anda sendiri. Jangan lupa untuk menanamkan kebiasaan jaga kebersihan pada anggota keluarga sejak dini.

Related Posts