Tips Menjaga Paru-Paru Agar Sehat Sampai Tua

Tips Menjaga Paru-Paru Agar Sehat Sampai Tua Pranata Printing

Paru-paru merupakan salah satu organ yang memiliki peran penting dalam tubuh. Peranannya yaitu mengatur sistem pernapasan dan mensuplai oksigen pada jaringan di seluruh tubuh. Jika paru-paru rusak menyebabkan penurunan fungsi, sehingga terjadi gangguan sistem pernapasan yang akibatnya fatal bagi kesehatan. Anda memerlukan cara menjaga paru-paru supaya organ tersebut sehat sampai tua dan fungsinya tetap terjaga.

Penyebab terjadinya kerusakan paru-paru yaitu udara kotor, kurang melakukan aktivitas, sering menghirup zat berbahaya dan masih banyak lainnya. Beberapa faktor penyebab penyakit paru-paru dapat menimbulkan berbagai jenis penyakit seperti emfisema, fibrosis sistik, kanker paru-paru, obstruktif kronis, sindrom gangguan pernapasan akut, pneumonia, dan bronchitis. Hindari penyakit dengan cara menjaga paru-paru.

6 Cara Menjaga Paru-Paru Supaya Tetap Sehat

Ingin memiliki paru-paru yang sehat sampai tua, seharusnya Anda menjaganya sejak usia dini. Kebanyakan orang menghiraukan cara menjaga paru-paru, sehingga pada usia tua mereka menderita penyakit paru-paru kronis. Penyakit paru-paru kronis sulit disembuhkan, oleh karena itu lebih baik Anda menjaga paru-paru agar selalu sehat. Berikut merupakan cara menjaga paru-paru agar tetap sehat.

  1. Olahraga

Olahraga merupakan kegiatan yang dapat meningkatkan kapasitas pernapasan paru-paru. Olahraga membuat paru-paru lebih kuat. Bila melakukan olahraga secara teratur, paru-paru lebih mudah melakukan tugasnya sebagai penyuplai oksigen ke jantung, otot dan jaringan tubuh. Jenis olahraga untuk menjaga kesehatan paru-paru yaitu senam aerobik, lari, bersepeda, renang dan lainnya. Anda juga dapat melakukan olahraga setiap hari selama 30 menit.

  1. Memilih makanan yang sehat

Makanan sehat mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh terutama organ paru-paru. Nutrisi makanan membantu mengoptimalkan fungsi dan membersihkan toksin berbahaya pada paru-paru. Makanan yang dianjurkan yaitu ikan, daging, ayam, bayam, brokoli, alpukat, buah dan bahan dapur (bawang putih, bawang merah, kunyit, dan lainnya). Hindari makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans karena menyebabkan kolesterol. Gangguan kolesterol tinggi menyebabkan paru-paru sulit untuk mengatur suplai oksigen karena terhalang oleh lemak.

  1. Pernapasan dalam

Latihan pernapasan dalam sangat penting karena mampu menyalurkan oksigen ke bagian sel tubuh. Kekurangan oksigen menyebabkan kerusakan sel dan mudah terserang penyakit paru-paru. Perkuat paru-paru dengan melakukan pernapasan dalam. Teknik ini dipercaya dapat meningkatkan kesehatan organ paru-paru. Cara menjaga paru-paru melalui pernapasan dalam bisa dilakukan dengan duduk bersila. Pejamkan mata kemudian ambilah napas dalam-dalam. Simpan napas selama beberapa detik lalu buang napas perlahan. Ulangi pernapasan dalam sebanyak 8 sampai 10 kali setiap hari.

  1. Meningkatkan kualitas udara di ruangan

Cara menjaga paru-paru selanjutnya dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas udara di sekitar. Manfaatkan tanaman hijau untuk membuat udara bersih. Menurut penelitian yang dilakukan oleh NASA di tahun 1980, tanaman hias dan hijau bisa menyaring senyawa organik berbahaya seperti benzena, trikloretilen, formaldehid dan CO2. Mulai sekarang taruhlah beberapa tanaman hias di ruangan. Kurangi pemakaian produk pembersih ruangan berbahan kimia supaya kualitas udara tetap terjaga. Buat ventilasi ruangan yang baik supaya pertukaran udara tetap lancar.

  1. Berhenti merokok

Kebanyakan orang yang terkena penyakit paru-paru yaitu perokok aktif. Asap rokok mengandung bahan kimia berbahaya. Bahkan kandungan bahan kimia rokok merupakan penyebab utama penyakit paru obstruktif dan kanker. Asap rokok berpengaruh pada penyempitan saluran udara sehingga Anda kesulitan bernapas. Solusi cara menjaga paru-paru yaitu berhenti merokok.

  1. Berhenti menjadi perokok pasif

Meski tidak merokok secara aktif, Anda juga harus berhenti menjadi perokok pasif. Pasalnya menghirup asap rokok sama halnya dengan merokok. Tidak ada perbedaan karena sama-sama menurunkan kesehatan paru-paru. Cara mudah berhenti sebagai perokok pasif yaitu memakai masker saat di tempat umum, jangan membiarkan orang lain merokok dalam rumah, mencari tempat yang bebas asap rokok dan masih banyak lainnya.

BACA JUGA :  Tips Mempersiapkan Laporan Tahunan Perusahaan

Cara menjaga paru-paru di atas dapat membantu Anda meningkatkan kualitas kesehatan organ. Bila Anda melakukan cara menjaga paru-paru tersebut, dijamin paru-paru Anda bisa tetap terjaga kesehatannya sampai usia tua. Tidak ada yang lebih baik selain menjaga kesehatan paru-paru, apabila paru-paru sehat pernapasan tubuh lancar dan penyakit menghindar. Anda pasti bisa menjaga kesehatan paru-paru saat ini juga.

Related Posts