Tips Menjaga Produktivitas Kerja Selama Berpuasa

Tips Menjaga Produktivitas Kerja Selama Berpuasa

Berpuasa adalah salah satu rukun Islam ke empat bagi umat muslim. Meski tubuh sedang puasa, namun bukan berarti kita tidak melakukan aktifitas apapun. Kita tetap harus melakukan aktifitas sehari-hari termasuk bekerja. Sayangnya masih banyak yang menganggap bahwa selama puasa aktifitas yang berat tidak perlu dikerjakan. Padahal hal tersebut tidak benar. Selama puasa kita harus memanfaatkan waktu sebaik-baiknya agar produktivitas tetap terjaga. Lantas adakah tips menjaga produktivitas kerja selama berpuasa yang harus kita lakukan? Jawabannya adalah di bawah ini.

Tips Menjaga Produktivitas Kerja Selama Berpuasa

Agar pekerjaan kita selama bulan puasa tidak terganggu, penting untuk menerapkan sejumlah tips. Apalagi bila pada hari-hari biasa pekerjaan kita memakan waktu hingga 8 jam lamanya. Meski ada pengurangan jam waktu kerja akan tetapi produktivitas tetap harus diupayakan. Caranya ialah dengan menerapkan tips menjaga produktivitas kerja selama berpuasa berikut ini.

Sahur dan Buka di Waktu Yang Tepat

Tips menjaga produktivitas kerja selama berpuasa yang pertama yaitu dengan sahur dan buka puasa di waktu yang tepat. Sahur dan berbuka puasa adalah dua hal yang biasanya dilakukan umat muslim di bulan Ramadhan. Setelah lelah bekerja selama seharian penuh, pada malam hari umat muslim masih harus melaksanakan sholat tarawih.

Beberapa orang barangkali akan melewatkan waktu sahur lantaran rasa lelah yang melanda tubuh. Padahal hal ini sangat tidak dianjurkan. Sahur akan memberikan energi yang cukup untuk tubuh sehingga saat bekerja tubuh tidak akan lemas. Tips menjaga produktivitas kerja selama berpuasa bisa kita terapkan dengan sahur di waktu akhir.
Hal ini agar rasa kenyang dapat bertahan lebih lama.

Sebaliknya bila sahur disarankan untuk di akhir, sebaliknya kita harus menyegerakan waktu berbuka puasa. Artinya waktu buka puasa sebaiknya di awalkan. Hal ini agar pola makan tetap terjaga dan tubuh sehat. Dengan demikian nantinya produktivitas kerja tidak akan terhambat.

BACA JUGA :  Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran

Perhatikan Menu Sahur dan Buka Puasa

Tips menjaga produktivitas kerja selama berpuasa kedua yaitu memperhatikan menu sahur dan berbuka. Bukan rahasia umum lagi bila puasa dapat menyehatkan tubuh. Namun hal tersebut tidak akan maksimal dan justru hanya menjadi pepesan kosong apabila kita tidak mengatur apa yang kita makan saat sahur dan buka puasa. Bahkan sembarangan dalam sahur dan berbuka justru tidak menyehatkan tubuh.

Contohnya saja waktu sahur, sebagian masyarakat terkadang memilih untuk mengonsumsi mi instan saja. Ada pula yang menambahkan nasi. Padahal bila dilihat hal ini sangat tidak menyehatkan. Meski sahur, namun asupan makanan yang masuk ke tubuh haruslah yang menyehatkan. Misalnya ada sayur, protein, vitamin dan nilai gizi yang lengkap.

Kemudian pada saat berbuka puasa, beberapa orang memilih makan gorengan daripada mengonsumsi buah-buahan. Hal ini juga kurang sehat. Tips menjaga produktivitas kerja selama berpuasa bisa dilakukan dengan memperhatikan menu buka puasa. Saat berbuka puasa sebaiknya lebih dulu santaplah menu yang manis-manis dari buah-buahan dan air putih. Setelah itu pertimbangkan asupan vitamin dan protein agar saat bekerja tubuh tetap vit.

Mengatur Prioritas Pekerjaan

Tips menjaga produktivitas kerja selama berpuasa ketiga ialah dengan mengatur prioritas pekerjaan. Pekerjaan yang kerap kali menumpuk dapat menjadi biang masalah apabila tidak segera dibereskan. Karena itu sebaiknya upayakan untuk tidak lagi menunda-nunda pekerjaan hari ini.

Segera selesaikan daripada Kamu harus merelakan waktu ibadah hanya untuk lembur kerja. Percaya atau tidak lembur kerja pada bulan puasa malah akan membuat jadwal ibadah semakin tidak teratur. Selain tidak dapat menjalankan amalan ibadah salah satunya sholat tarawih, Kamu juga barangkali terbebani dengan pekerjaan yang belum rampung.

BACA JUGA :  Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis Sampingan

Sehingga hal tersebut malah membuat produktivitas kerja menurun. Untuk mengakalinya, kerjakan tips menjaga produktivitas kerja selama berpuasa dengan membuat tabel prioritas pekerjaan. Urutkan mulai dari pekerjaan berat hingga pekerjaan yang ringan. Pilih pekerjaan berat untuk dikerjakan di pagi hari dan pekerjaan ringan di siang atau sore hari.

Sekian tips singkat agar produktivitas kerja tetap terjaga selama berpuasa. Bila pekerjaan berjalan lancar, maka puasa kita pun akan semakin lancar dan tidak sia-sia. Tak hanya itu, meski berpuasa namun kita tetap menghasilkan pekerjaan yang cemerlang berkat tips-tips di atas!

Related Posts