Tips Menu Sahur Sehat Agar Kuat Menjalankan Puasa

Tips Menu Sahur Sehat Agar Kuat Menjalankan Puasa

Bulan Ramadhan telah tiba semua orang yang beragama Islam berlomba-lomba dalam menjalankan ibadah puasa. Bagaimana dengan Anda, Sudahkan Anda menjalankan ibadah puasa dengan baik dan kuat seharian penuh? Agar kuat menjalankan puasa Anda tentu harus mengetahui tips menu sahur sehat yang harus Anda konsumsi.

Saat sahur Anda perlu mengetahui menu-menu apa saja yang harus dikonsumsi agar dapat menyuplai kebutuhan tubuh selama berpuasa seharian penuh. Untuk itu menu sahur tidak bisa disajikan dengan sembarangan. Lantas seperti apa tips menu sahur sehat tersebut? Ketahui berikut!

5 Tips Menu Sahur Sehat Selama Berpuasa

Di bawah ini merupakan tips menu sahur sehat yang perlu Anda terapkan agar puasa Anda bisa berjalan dengan lancar.

Menu Sahur Dengan Sayuran Dan Buah-Buahan

Tips menu sahur sehat yang pertama adalah dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang cukup. Kedua makanan ini mengandung vitamin dan mineral yang berfungsi dalam mempertahankan kesehatan. Baik itu vitamin A, vitamin C, Vitamin E, magnesium, hingga kalium.

Tak hanya mengandung vitamin dan mineral sayuran dan buah-buahan juga mengandung jumlah serat yang tinggi. Keberadaan serat tersebut dapat membantu Anda dalam memberikan rasa kenyang yang lebih lama serta mencegah sembelit.

Untuk itu, saat sahur Anda bisa mengonsumsi sebanyak 2-3 porsi. Sebagai alternatif lain Anda bisa mengkonsumsi kurma dalam mencukupi vitamin, mineral, serta sehat Anda setiap harinya.

Konsumsi Makanan Dengan Karbohidrat Kompleks

Tips menu sahur sehat selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung sumber karbohidrat kompleks. Karbohidrat sendiri adalah zat gizi yang akan memberikan energi utama pada tubuh. Untuk menu sahur ada baiknya Anda memilih jenis karbohidrat kompleks.

Karbohidrat kompleks dijadikan pilihan karena akan lebih lama dicerna oleh tubuh. Dengan begitu Anda akan merasakan kenyang lebih lama serta akan memberikan sejumlah energi yang lebih lama juga.

Salah satu makanan yang menjadi sumber karbohidrat kompleks tersebut antara lain roti gandum, oatmeal, sereal, nasi merah, kentang, dan lainnya. Dalam mengkonsumsi makanan sumber karbohidrat kompleks tersebut saat sahur, Anda bisa memilih sebanyak 1-2 porsi.

Makanan Dengan Sumber Protein

Saat sahur, mengonsumsi makanan dengan sumber protein yang tinggi juga sangat penting. Protein sendiri berguna dalam memperbaiki serta membangun jaringan tubuh serta memperkuat kekebalan tubuh. Untuk itu, dengan mengonsumsi makanan yang mengandung sumber protein maka Anda tidak akan mudah sakit meski berpuasa.

Beberapa menu makanan yang mengandung protein tersebut seperti telur, susu, ikan, yogurt, tempe, tahu, keju, biji-bijian, kacang-kacangan, dan masih banyak lagi. Anda bisa mengkonsumsinya sebanyak 1-2 porsi untuk sahur.

Makanan Yang Kaya Akan Zat Besi

Selama Anda berpuasa, maka tubuh akan kekurangan zat besi secara signifikan. Hal tersebut harus diantisipasi terutama bagi Anda yang mengidap penyakit anemia. Untuk mengatasi hal tersebut, ada baiknya Anda mengonsumsi makanan dengan sumber zat besi yang tinggi saat sahur. Seperti daun singkong, daun bayam, hingga hati ayam.

Konsumsi Susu Saat Sahur

Susu menjadi minuman yang memiliki kandungan gizi cukup banyak. Selain mengandung sejumlah vitamin dan mineral, mengonsumsi susu Anda juga akan mendapatkan sumber kalsium yang tinggi. Kalsium sendiri berfungsi dalam menjaga kesehatan tulang. Untuk itu saat sahur Anda bisa mengonsumsi salah satu produk susu tanpa lemak untuk memperkuat kesehatan tulang dan berbagai kandungan gizi lainnya.

Konsumsi Air Putih Yang Cukup

Tips menu sahur sehat yang terakhir adalah dengan mengonsumsi air putih yang cukup. Seperti yang Kita ketahui, saat berpuasa tubuh akan terus kehilangan cairan. Untuk itu, saat sahur Anda perlu memenuhi kebutuhan cairan hingga tercukupi saat berpuasa nantinya.

Dengan begitu ibadah puasa Anda akan berjalan dengan lancar karena kebutuhan air yang tercukupi dengan baik. Air sendiri berperan cukup penting dalam memperlancar pencernaan, menjaga hidrasi tubuh, hingga memperkuat metabolisme tubuh. Anda bisa meminum air sebanyak 2 gelas atau lebih saat sahur.

Beberapa tips menu sahur sehat di atas perlu Anda perhatikan dengan baik agar nantinya kuat dalam menjalankan ibadah puasa. Perhatikan dengan baik jenis makanan yang mampu memenuhi kebutuhan gizi Anda saat makan sahur dengan berbagai tips di atas.

Related Posts