Tips Mudah Bisnis Jual Barang Bekas Yang Menguntungkan

Tips Mudah Bisnis Jual Barang Bekas Yang Menguntungkan

Bisnis jual barang bekas menawarkan keuntungan yang lumayan tinggi. Keuntungan tersebut mampu membuat orang tertarik menjalankan bisnis jual barang bekas. Meski kelihatan hanya menjual barang bekas tetapi jangan meremehkan bisnis ini. Banyak konsumen yang mencari barang bekas atau second karena harganya lebih murah dibandingkan dengan harga baru. Padahal kualitas yang ditawarkan sama, hanya saja sudah agak jelek karena pemakaian.

Bagi Anda yang ingin membuka bisnis modal minim, cobalah membuka bisnis jual barang bekas. Mulailah membuka garage sale ukuran kecil. Anda bisa menjual baju yang tidak terpakai, perabotan rumah yang tidak digunakan, hiasan rumah dan masih banyak lainnya.

Cara Sukses Menjalankan Bisnis Jual Barang Bekas

Semua orang menginginkan bisnisnya berjalan lancar. Salah satu tanda bisnis lancar yaitu keuntungan yang didapatkan banyak. Seperti bisnis lainnya bisnis jual barang bekas memberikan keuntungan banyak jika Anda memperhatikan strategi marketing pemasaran produk. Mempermudah mendapat keuntungan melimpah dari penjualan barang bekas sebaiknya lihat cara mudah menjalankan bisnis jual barang bekas berikut ini.

Memilih barang yang dijual

Tidak semua barang bekas layak untuk dijual, oleh karena itu pilihlah barang dengan kondisi baik dan masih berfungsi. Sebelum barang diletakkan pada garage sale, Anda wajib meneliti kondisinya secara detail. Pastikan bahwa barangnya tidak robek, warnanya bagus, tidak ada yang retak dan kerusakan lainnya. Bila menjual barang bekas tetapi kondisinya tidak layak, dapat mempengaruhi pembeli. Mungkin menyebabkan pembeli kurang puas belanja barang bekas milik Anda. Resikonya yaitu kehilangan pelanggan sehingga mempengaruhi perkembangan bisnis jual barang bekas.

Membuat harga yang pantas

Membuka bisnis jual barang bekas harus memperhatikan harga yang dibanderol. Pasalnya jangan memasang harga yang sama seperti baru. Yakin sekali para pembeli tidak akan membeli barang pada Anda. Buat apa membeli barang bekas dengan harga mahal, lebih baik membeli baru saja karena harganya sama. Pembeli akan berpikir demikian, jadi perhatikan betul harga produknya.

BACA JUGA :  Tips Untuk Memotivasi Diri Sendiri Saat di Kantor

Cobalah tetapkan harga yang pantas, caranya yaitu menetapkan harga lebih murah dibandingkan harga baru. Dalam menetapkan harga, sebaiknya lihat kondisi barangnya. Sebisa mungkin tetapkan harga agar sebanding dengan kualitas kondisi produk.

Menentukan tempat penjualan yang strategis

Memutuskan terjun di bisnis jual barang bekas tidak boleh tanggung-tanggung. Persiapkan tokonya secara maksimal dengan memilih lokasi yang tepat. Kunci utama agar toko selalu ramai dipenuhi pelanggan yaitu letaknya harus di tempat strategis. Beberapa lokasi strategis yaitu di pinggir jalan, dekat dengan pusat perbelanjaan, berada di persimpangan jalan dan masih banyak tempat strategis lainnya.

Setelah menemukan tempat strategi, selanjutnya Anda mulai menyusun barang di toko. Buatlah bagian depan toko dengan tampilan menarik supaya pelanggan penasaran ingin masuk ke dalam toko. Lengkapi tampilan produk dengan list harga agar pembeli tidak bertanya kepada Anda ketika melayani pembeli lain.

Promosi langsung

Penjualan bisnis makin meningkat jika melakukan promosi. Salah satu cara promosi yang dapat dilakukan yaitu secara langsung. Manfaatkan media promosi langsung seperti banner, poster, spanduk, brosur, leaflet, dan booklet. Media promosi harus dibuat semenarik mungkin supaya calon pembeli tertarik untuk membeli produk. Letakkan media promosi pada bagian depan toko agar dapat dilihat oleh semua orang.

Promosi secara online

Selain melakukan promosi langsung, Anda juga dapat promosi online. Zaman semakin canggih  sehingga strategi marketing promosi makin mudah. Promosi online dapat dilakukan melalui situs media social. Beberapa media sosial yang berpengaruh besar untuk promosi yaitu Facebook, Instagram dan lainnya. Gunakan media sosial tersebut dan lakukan promosi setiap hari. Pasti banyak pelanggan yang berdatangan ke toko Anda.

Ternyata banyak sekali cara untuk meningkatkan bisnis jual barang bekas yang menguntungkan. Jika menerapkan beberapa cara di atas, maka siap-siap produk bisnis laku keras. Biasanya awal membuka bisnis jual barang bekas penjualannya kurang lancar. Hal itu sudah biasa terus saja melakukan promosi sampai penjualan makin lancar dan keuntungan meningkat. Ayo buka bisnis jual barang bekas yang mudah dan menguntungkan. Sekian tips mudah bisnis jual barang bekas yang menguntungkan.

Related Posts