Tips Mudah Memulai Bisnis Travel Untuk Pemula

Tips Mudah Memulai Bisnis Travel Untuk Pemula

Tren gaya hidup era Millenial sekarang ini memang tidak bisa dipungkiri terutama dalam hal jalan-jalan. Kini semakin banyak kebutuhan untuk melakukan perjalanan ataupun travelling meski hanya untuk sekedar refreshing pikiran. Tentu bisa dibilang bisnis travel untuk pemula cukup menjanjikan. Mungkin Anda sendiri mengira bisnis ini membutuhkan biaya yang besar, namun siapa sangka Anda juga bisa memulainya dengan modal usaha minim. Simak tipsnya berikut ini!

Berbagai Tips Memulai Bisnis Travel untuk Pemula

Seiring berjalannya waktu gaya hidup masyarakat metropolitan di Indonesia kini semakin modern. Sudah banyak orang yang ingin melakukan travelling dengan tujuan yang berbeda-beda tentunya. Selain bermanfaat untuk meredakan stress, dengan melakukan travelling juga akan mendapatkan pengalaman baru yang menyenangkan. Oleh karena itu, tak salah jika Anda ingin memulai bisnis travel untuk pemula.

Sebelum memulai bisnis travel untuk pemula tentu Anda memerlukan sebuah perencanaan sekaligus persiapan yang matang. Kira-kira apa saja sih yang perlu dipersiapkan sebelum memulai bisnis terbut? Untuk itu ketahuilah tips memulai bisnis travel untuk pemula dengan mudah berikut!

  1. Tentukan Jenis Bisnis Travel Yang Anda Inginkan

Tips bisnis travel untuk pemula ini bisa Anda lakukan dengan melakukan riset melalui internet atau sumber lainnya. Anda bisa memilih jenis jasa travel seperti travel wisata, sewa mobil, pemesanan tiket kereta api, tiket pesawat terbang, hingga pemesanan kamar hotel. Jika sudah maka fokuslah dengan pilihan tersebut agar nantinya informasi-informasi detail akan mudah untuk dipelajari lebih lanjut.

  1. Tentukan Segmen Pasar Sekaligus Lokasi Pasar Yang Tepat

Segmen pasar merupakan hal yang penting dalam melakukan riset pasar pada sebuah bisnis. Pastikan Anda memilih segmen yang tepat sasaran. Misalnya jika Anda memilih bisnis dalam bidang tiket pesawat maka tentu segmen pasar Anda adalah masyarakat kelas menengah ke atas.

BACA JUGA :  Memberikan Kesan Pertama Yang Baik Dengan Binding Buku

Jika segmen telah terpilih dengan tepat maka tips bisnis travel untuk pemula selanjutnya mulai menentukan lokasi pasar yang tepat untuk menjalankan bisnis. Pastikan memilih lokasi toko yang strategis, ditambah dengan platform online agar pemasaran lebih banyak terjangkau. Misalnya pada platform Facebook, Instagram, dan lainnya.

  1. Buat Branding Toko Yang Menjual

Konsep brand sebuah usaha tentu sangat penting untuk dirancang. Hal ini akan memberikan identitas tersendiri mengenai barang maupun jasa yang Anda jual sehingga berbeda dengan para pesaing lainnya. Konsep branding toko ini  pun beragam, misalnya seperti nama, desain logo, tema warna, hingga sapaan khusus kepada para pelanggan.

  1. Perbanyak Relasi Dengan Gabung Di Jasa Travel Lainnya

Anda bisa melakukan cara praktis yang satu ini untuk membuka usaha travel pemula.  Selain itu Anda juga bisa memperbanyak relasi maupun jaringan dengan sesama pebisnis lain yang masih sebidang dengan bisnis yang Anda geluti. Tak lain agar usaha Anda semakin luas dan berkembang lebih cepat.

  1. Gunakan Strategi Yang Kuat Dalam Berpromosi

Pemasaran dengan strategi yang kuat bisa Anda lakukan baik offline maupun online. Misalnya jika offline bisa dilakukan dengan menyebarkan brosur hingga membuat pamflet. Untuk online justru Anda harus banyak melakukannya, mengingat promosinya yang sangat efektis dan memiliki jangkauan yang sangat luas. Contohnya dengan memasang iklan di Facebook, Instagram, Google Adwords dan lain sebagainya.

  1. Mulai Buat Surat Ijin Usaha Secara Resmi

Surat ijin usaha ini dibuat agar brand usaha milik Anda lebih aman tanpa ada pihak lain yang menjiplaknya. Ijin ini bisa Anda peroleh dari HKI atau Hak Kekayaan Intelektual yang nantinya Anda bisa memiliki kuasa secara hukum atas brand usaha yang Anda miliki.

BACA JUGA :  Tips Membuka Usaha Laundry Kiloan Modal Kecil

Selain itu Anda juga bisa mendaftarkan diri ke Dinas Pariwisata jika dirasa perlu. Cukup membawa berkas-berkas persyaratan ke Dinas Pariwisata setempat agar surat ijin usaha bisa Anda dapatkan.

Cukup mudah bukan tips dalam memulai bisnis travel untuk pemula di atas. Bahkan bisnis ini bisa tergolong bisnis jangka panjang yang banyak dibutuhkan orang untuk berekreasi ataupun sekedar berkunjung ke daerah lainnya. Jadi jangan takut jika Anda ingin memulai bisnis travel untuk pemula karena tentu bisnis ini bisa Anda jalankan dengan mudah mengingat peluangnya yang cukup banyak. Sekian pembahasan dari Pratana Printing mengenai tips mudah memulai bisnis travel untuk pemula.

Related Posts