Tips Mudik Aman Dan Nyaman Dengan Kendaraan Pribadi

Tips Mudik Aman Dan Nyaman Dengan Kendaraan Pribadi

Masyarakat Indonesia pasti tidak asing lagi dengan istilah mudik yang setiap tahun pasti dilakukan. Mudik merupakan istilah yang erat kaitannya dengan pulang kampung. Hal ini biasanya dilakukan oleh orang-orang perantauan yang tinggal di ibukota atau kota-kota besar lainnya. Ada yang memilih menggunakan kereta, bus, pesawat terbang atau kapal laut. Ada pula yang menggunakan kendaraan pribadi. Berikut ini tips mudik aman dan nyaman dengan kendaraan pribadi yang sebaiknya kita cermati agar perjalanan tidak terhambat.

Tips Mudik Aman dan Nyaman Dengan Kendaraan Pribadi

Mudik sendiri biasanya dilakukan menjelang Hari Raya Idul Fitri. Menjelang perayaan hari raya tersebut makin banyak pula orang-orang yang mudik. Tidak heran saat menjelang Hari Raya Idul Fitri jalanan dipadati oleh orang-orang mudik. Terkadang bila tidak berhati-hati kita bisa terjebak di kemacetan yang panjang. Bagi Anda yang ingin mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi tidak salahnya mencermati tips mudik aman dan nyaman dengan kendaraan pribadi berikut ini.

Periksa Kendaraan Yang Digunakan Untuk Mudik

Tips mudik aman dan nyaman dengan kendaraan pribadi yang pertama adalah memeriksa lebih dulu kendaraan yang akan digunakan. Pengecekan mobil atau motor secara mandiri atau ke bengkel terdekat menjadi aktifitas yang tidak boleh dilupakan. Disadari atau tidak kendaraan yang digunakan mempengaruhi keselamatan dan kenyamanan saat mudik berlangsung.

Bayangkan bila pada saat mudik kendaraan Anda tiba-tiba mengalami mogok atau komponennya mengalami kerusakan. Lebih beratnya bila bengkel masih berada di lokasi yang jauh. Tentu hal ini secara langsung menghambat agenda mudik Anda dan keluarga. Karena itu sebaiknya usahakan menerapkan tips mudik aman dan nyaman dengan kendaraan pribadi ini.

Pertama usahakan untuk memeriksa kondisi mesin, air bag, roda, rem hingga oli yang digunakan. Kedua bila kendaraan yang digunakan adalah motor cobalah pastikan dahulu komponen motor seperti rem, ban dan mesin masih dalam keadaan normal. Jangan meremehkan pemeriksaan kendaraan karena faktanya kecelakaan yang terjadi di jalan juga masih erat kaitannya dengan keadaan kendaraan yang kurang layak.

Hindari Memaksakan Kapasitas Penumpang

Tips mudik aman dan nyaman dengan kendaraan pribadi selanjutnya ialah dengan mencermati muatan atau penumpang yang naik kendaraan kita. Sebagai pengemudi hal yang patut kita cermati dan patuhi adalah ukuran beban atau kapasitas angkut kendaraan. Pada dasarnya masing-masing kendaraan dibuat dan didesain sesuai dengan kapasitas orang yang menaikinya. Namun jika beban berlebihan tentu hal ini akan menggangu keselamatan.

Contohnya saja sepeda motor umumnya hanya diperuntukkan untuk dua penumpang saja. Namun anak kecil yang usianya di bawah 7 tahun masih diperbolehkan naik bersama dua penumpang lainnya. Berbeda bila orang yang menduduki motor adalah orang dewasa berjumlah tiga, tentu hal ini tidak dianjurkan karena berbahaya untuk keamanan dan keselamatan.

Sementara itu untuk kendaraan jenis mobil umumnya hanya dapat menampung 2 hingga 8 orang saja. Demi keamanan sebaiknya hindari membawa penumpang hingga 10 orang di dalam mobil. Lakukan tips mudik aman dan nyaman dengan kendaraan pribadi tersebut bila ingin perjalanan pulang kampungmu bebas tanpa hambatan.

Perhatikan Waktu Istirahat Di Perjalanan

Tips mudik aman dan nyaman dengan kendaraan pribadi ketiga ialah memperhatikan waktu istirahat saat perjalanan berlangsung. Perjalanan mudik dengan jarak tempuh jauh serta kondisi jalanan yang macet bisa saja membuat badan mudah lelah. Bila sudah begini sebaiknya jangan paksakan tubuh untuk tetap mengemudi.

Sebaliknya, ambillah waktu untuk mengistirahatkan tubuh di tempat yang tepat. Beberapa tempat peristirahatan yang bisa dimanfaatkan untuk istirahat ialah pom bensin serta tenda peristirahatan yang sudah disediakan oleh beberapa instansi.

Setelah tubuh sudah mulai fit kembali Anda dapat melanjutkan perjalanan mudik. Saat sudah berada di jalanan jangan buru-buru melajukan kendaraan dengan laju kencang. Usahakan untuk tetap tenang dan mematuhi peraturan lalu lintas.

Sekian tips mudik aman dan nyaman dengan kendaraan pribadi di atas bisa kita jadikan panduan selama berada di perjalanan. Selalu ingat untuk utamakan menjaga keselamatan saat berada di jalan. Dengan begitu kita akan cepat sampai tujuan dengan aman dan selamat serta bisa merayakan lebaran bersama keluarga besar di kampung halaman.

Related Posts