Tips Penjualan Dan Pemasaran Untuk Bisnis Startup

Tips Penjualan Dan Pemasaran Untuk Bisnis Startup

Membangun startup bisnis memang tidak mudah, karena banyak sekali yang harus dipersiapkan oleh pemilik bisnis startup. Salah satu persiapan yang harus dilakukan yaitu memikirkan penjualan dan pemasaran startup bisnis. Kedua hal itu memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan bisnis. Proses pengembangan startup bisnis harus fokus terhadap strategi penjualan maupun pemasaran. Sebagai startup pemula Anda wajib menyusun strategi khusus agar penjualan dan pemasaran bisnis dapat berjalan lancar.

Strategi Penjualan dan Pemasaran Startup Bisnis

Menyusun strategi pemasaran startup bisnis dengan tepat, maka dapat membuat perkembangan dan omset bisnis meningkat secara signifikan dikarenakan penjualan produk meningkat. Bila pemasaran yang disusun salah atau kurang tepat menyebabkan bisnis tidak bisa berkembang. Hasilnya uang yang digunakan dalam menyusun strategi pemasaran akan hilang sia-sia.

Sekarang jangan khawatir karena strategi pemasaran startup bisnis bisa dipelajari terlebih dahulu agar Anda berhasil melakukan penjualan produk yang tinggi. Caranya yaitu mempelajari strategi pemasaran dan penjualan startup pada pembahasan berikut ini.

Menetapkan Kelebihan Produk Yang Dijual

Sebagai seorang startup bisnis, Anda pastinya merasakan kesulitan dalam menentukan produk apa yang bisa dijual. Selama ini pebisnis startup hanya memikirkan produknya sebagai perbandingan untuk produk lain. Mulai saat ini Anda harus menghilangkan pemikiran tersebut, karena Anda harus menetapkan produk yang baru, berbeda dan paling banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Salah satu alasan kenapa menetapkan produk yang banyak dibutuhkan masyarakat agar penjualannya lebih mudah. Bayangkan jika Anda menjual produk yang kurang disukai, maka masyarakat pun enggan untuk membelinya.

Pikirkan apa kelebihan yang dimiliki oleh produk supaya laku di pasaran. Ada dua hal dasar dalam menentukan kelebihan produk, diantaranya yaitu harga dan kualitas produk. Biasanya harga yang dibanderol harus menyesuaikan dengan kualitas produk, tujuannya agar produk laris dibeli oleh konsumen.

BACA JUGA :  Berbagai Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Mendengarkan Keinginan Konsumen

Pemasaran yang wajib dilakukan oleh startup bisnis selanjutnya yaitu mendengarkan keinginan konsumen. Apapun masukan seperti kritik, saran dan pendapat konsumen harus Anda tampung. Masukannya dapat digunakan untuk membuat inovasi produk agar lebih baik lagi. Selain melakukan inovasi, Anda dan konsumen semakin dekat sehingga hubungan baik pun terjalin. Hal ini memudahkan Anda dalam memasarkan produk bisnis startup.

Memasarkan Produk Dengan Segera

Para startup bisnis tidak harus menunggu produk sempurna kemudian baru dipasarkan. Justru startup disarankan untuk memasarkan produk yang dirancang telah siap (tidak begitu sempurna). Saat produk dipasarkan, sedikit demi sedikit dikenal oleh konsumen. Kualitas produk bisa disempurnakan sambil berjalan, karena kualitasnya bisa ditingkatkan melalui masukan atau feedback yang diberikan konsumen.

Uji coba Penjualan Produk Gratis Atau Diskon

Startup bisnis yang memiliki produk baru disarankan untuk melakukan uji coba produk secara gratis. Cara ini cukup ampuh menarik pelanggan. Membuat penjualan uji coba bisa dilakukan dengan cara memberikan diskon terhadap produk baru. Hal ini sangat menguntungkan, karena banyak konsumen yang datang untuk membeli produk. Mereka juga memberikan feedback terhadap produk Anda.

Memasarkan Produk Dengan Cara Yang Berbeda

Selama ini startup bisnis kurang memahami caranya memasarkan produk dengan konsep yang berbeda. Pemasaran produk yang dapat dilakukan yaitu melalui social media dengan strategi promosi. Buatlah konsep promosi yang menarik dibandingkan lainnya sehingga konsumen berminat untuk membeli produk. Anda juga bisa memikirkan konsep out of the box yang bisa membuat konsumen penasaran dengan produk.

Memakai Sistem Penjualan Early Adopter

Early adopter merupakan cara penjualan mengutamakan konsumen yang membeli langsung produk bisnis sebelum diluncurkan di pasaran. Konsumen yang tergolong sebagai early adopter memiliki kepercayaan dan sama sekali tidak ragu pada produk. Anda wajib memperhatikan konsumen early adopter agar selalu setia untuk membeli produk.

BACA JUGA :  Cara Mudah Mengenal Vendor Cetak Terpercaya

Itulah berbagai cara startup pemasaran dan penjualan produk bisnis yang dapat diterapkan oleh Anda. Jika menerapkan cara pemasaran dan penjualan di atas, dijamin perkembangan bisnis baru Anda semakin pesat. Dalam waktu tiga bulan saja, perkembangannya dapat meningkat kurang lebih sebanyak 70%. Bila terus dilakukan inovasi terhadap produk bisnis startup, maka siap-siap Anda bisa menaikkan omset penjualan yang lebih besar dari omset sebelumnya.

Terkadang hal kecil dapat menjadi faktor yang menguntungkan bagi bisnis startup. Dimana setiap keselarasan akan desain akan produk / jasa juga akan berpengaruh. Adapun desain yang selaras pada setiap peralatan marketing maupun arsip seperti kartu nama, kop surat, brosur, spanduk, poster, stiker, company profile dan lainnya mampu membantu memperkuat pemasaran produk bisnis startup. Contoh sederhananya adalah usahakan untuk cetak kop surat dengan desain yang selaras dengan kartu nama.  Sekian tips penjualan dan pemasaran untuk bisnis startup.

Related Posts