Tips Sukses Memulai Bisnis Ekspor Impor

Tips Sukses Memulai Bisnis Ekspor Impor Pranata Printing

Memulai bisnis ekspor impor awalnya mungkin terlihat sulit dan membingungkan. Anda harus menembus pasar luar negeri, memikirkan mekanisme pengiriman antar negara dan perpajakan. Meski demikian, Anda harus memahami jika bisnis ekspor impor memiliki prospek menjanjikan. Di tengah-tengah krisis moneter dan melonjaknya nilai tukar dolar terhadap rupiah, bisnis ekspor impor dapat terus bertahan dan meraup lebih banyak keuntungan. Tertarik untuk memulai bisnis ekspor impor? Berikut ini beberapa langkah awal yang perlu Anda lalui untuk memulainya.

Memahami Cara Kerja Ekspor Impor

Anda perlu memahami cara kerja bisnis ekspor impor agar bisa membuat persiapan bisnis yang matang. Ekspor terjadi ketika kita menjual barang yang dihasilkan di Indonesia ke luar negeri. Sedangkan impor adalah sebaliknya. Dalam hal ini, Anda juga perlu memahami kebutuhan pasar di luar negeri. Lakukan riset terlebih dahulu produk apa yang banyak diminati konsumen luar negeri seperti sepatu, kerajinan tangan, fashion, garmen , tas ataupun berbagai produk lainnya di bidang perkebunan dan perikanan. Cari informasi sebanyak-banyaknya dari berbagai sumber.

Menetapkan Satu Produk dan Negara Tujuan

Setelah melakukan riset, Anda pasti sudah bisa sedikit menyimpulkan produk apa saja yang banyak diminati pasar luar negeri. Eliminasi berbagai produk tersebut hingga menjadi 3 produk yang paling memiliki banyak peminat dan paling menguntungkan. Tren-tren produk terbaru yang sedang booming di masyarakat mungkin akan mendatangkan keuntungan, akan tetapi tidak ada salahnya untuk memilih produk yang berbeda dan menciptakan tren.

Ketika memulai bisnis ini, Anda bisa memilih 2 posisi. Apakah Anda ingin menjadi agen atau ingin menjadi produsen produk langsung. Jika belum memiliki modal dan keterampilan yang cukup, Anda bisa mencoba menjadi agen terlebih dahulu. Cukup dengan mencari relasi dan memasarkan produk dari produsen lokal, Anda bisa mendapatkan keuntungan rata-rata 10% dari setiap penjualan.

BACA JUGA :  Cara Presentasi Yang Baik dan Efektif

Katalog dan Etalase Online

Karena skala bisnis ekspor impor cukup luas hingga menjangkau pasar dunia, tentu Anda harus memiliki sebuah etalase yang mudah dijangkau oleh seluruh klien bisnis. Buatlah sebuah website yang bisa Anda gunakan untuk membuat katalog dan etalase online. Pamerkan produk-produk apa saja yang Anda miliki di website tersebut. Dengan demikian, klien akan lebih mudah mengenal dan percaya terhadap produk yang Anda tawarkan. Selain itu kredibilitas Anda sebagai eksportir juga akan meningkat di mata klien dengan informasi akurat yang didapat dari website.

Setelah memiliki website, Anda juga perlu mendaftarkannya pada portal bisnis internasional. Portal bisnis internasional merupakan wadah eksportir dan importir bertemu dan saling bertukar informasi. Ini adalah salah satu cara untuk mempromosikan website di lingkup bisnis internasional agar Anda lebih mudah mendapatkan banyak klien. Beberapa portal bisnis tersebut diantaranya alibaba.com, portal.co.id, itintl.com dan fitt.ca.

Mempersiapkan Dokumen dan Surat Resmi

Dengan merambah skala bisnis internasional, tentu Anda tidak bisa main-main saat memulainya. Ada beberapa dokumen dan surat resmi yang harus disiapkan guna dapat bertransaksi dengan calon klien Anda. Buatlah sebuah format surat resmi yang digunakan sebagai dokumen jual beli dan dokumentasikan dalam jangka waktu tertentu. Model-model surat tersebut diantaranya adalah sales contract, offer sheet dan introduction letter. Surat-surat ini akan sangat berguna untuk memenuhi prosedur transaksi internasional.

Memasarkan Produk Melalui Instansi Pemerintah

Bisnis apapun yang sedang dimulai, memasarkan produk merupakan hal yang paling penting. Kebanyakan penjual-penjual skala kecil menghentikan bisnisnya karena tidak memiliki jaringan untuk memasarkan produk. Jika Anda merasa kesulitan untuk menembus pasar internasional secara langsung, cobalah untuk melakukan pemasaran produk melalui instansi pemerintah. Anda dapat memanfaatkan bantuan dari Kementerian KUKM, ITPC, Kementerian Perdagangan dan berbagai instansi lainnya. Hubungi lembaga tersebut, agar Anda bisa mendaftarkan produk / perusahaan dalam event pemasaran luar negeri yang diselenggarakan pemerintah.

BACA JUGA :  5 Tips Investasi Emas Bagi Pemula Agar Menguntungkan

Selain langkah-langkah di atas, tentunya Anda harus konsisten dalam melangsungkan kegiatan bisnis ekspor impor ini. Lakukan kegiatan promosi dan pemasaran secara berkelanjutan menggunakan website atau media sosial. Ketekunan dan niat yang gigih akan membuat Anda menjadi lebih mudah dalam memulai bisnis Ekspor Impor.

Related Posts