Tips Work From Home Agar Tetap Produktif

Tips Work From Home Agar Tetap Produktif Pranata Printing

Adanya himbauan dari Presiden Joko Widodo akibat pandemik virus corona, maka bekerja dari rumah atau disebut Work From Home (WFH) sekarang populer. Kebijakan ini diambil untuk mencegah penyebaran penyakit COVID 19 tidak semakin meningkat.

Dengan dilakukannya Work From Home oleh berbagai instansi perusahaan, maka kita harus tetap produktif walaupun bekerja dari rumah. Memang bekerja dari rumah memiliki suasana yang berbeda dibanding saat di kantor, namun sebagai karyawan yang profesional sebaiknya kita dapat tetap produktif untuk menjalankan kewajiban kita. Berikut ini tips Work From Home yang dapat Anda lakukan agar tetap produktif.

Perangkat Untuk Bekerja

Bagi Anda yang akhirnya Work From Home, sebaiknya telah menyiapkan perangkat untuk bekerja di rumah. Perangkat yang umumnya digunakan seperti laptop / PC, Smartphone dan Internet yang stabil. Bila tidak memiliki perangkat seperti laptop, sebaiknya Anda telah memberitahukan ke atasan mengenai hal tersebut.

Perangkat untuk bekerja yang memadai akan mampu membantu Anda menyelesaikan setiap pekerjaan dengan lebih baik dan cepat.

Membuat Daftar Tugas

Mengatur daftar tugas adalah salah satu cara efektif untuk membuat Anda memahami prioritas pekerjaan yang harus dikerjakan. Dengan adanya daftar tugas dapat mengingatkan Anda mengenai proyek yang harus diselesaikan dengan segera.

Anda dapat membuat daftar tugas setiap harinya untuk esok hari atau seminggu. Dengan begitu proyek yang Anda kerjakan dapat diselesaikan sesuai dengan jadwal.

Jam Kerja Teratur

Pastikan bahwa Anda telah mengatur jam kerja atau menyesuaikan jam kerja seperti pada umumnya. Dengan menerapkan jam kerja, maka akan membantu Anda untuk dapat menyelesaikan setiap pekerjaan tepat waktu.

Dengan menetapkan jam kerja berarti Anda telah bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan atasan. Hindari untuk bekerja dari tempat tidur dan upayakan tetap berpakaian rapi seperti bekerja di kantor. Hal ini mampu membantu Anda membuat suasana bekerja di rumah layaknya seperti di kantor.

Komunikasi Dengan Keluarga

Beritahukan kepada anggota keluarga Anda, agar memahami waktu dimana Anda tidak dapat diganggu. Karena terkadang anak-anak tidak memahami kondisi tersebut. Anda juga dapat meminta bantuan orang lain seperti pengasuh untuk menjaga anak saat Anda sedang bekerja.

Apalagi bagi Anda yang memerlukan konsentrasi yang cukup saat bekerja. Manfaatkan waktu sebaik-baiknya agar setiap pekerjaan Anda dapat terselesaikan.

Komunikasi Dengan Rekan Kerja

Komunikasi dengan rekan kantor juga harus tetap terjalin, walaupun Anda sedang bekerja dari rumah. Berikan perkembangan mengenai proyek yang dikerjakan. Anda dapat memanfaatkan aplikasi Zoom untuk berkomunikasi bersama-sama untuk mendiskusikan pekerjaan yang dikerjakan.

Sebenarnya cara ini dilakukan untuk menyesuaikan keadaan seperti Anda sedang di kantor, yaitu tetap berkomunikasi dengan rekan kerja. Namun tetap membicarakan hal yang penting seperti proyek yang dikerjakan ya.

Waktu Istirahat

Mengatur waktu untuk istirahat juga penting, seperti melakukan peregangan badan, makan siang, ke toilet, atau sekedar membuat minuman hangat. Dengan adanya waktu istirahat yang tepat, maka akan membantu Anda untuk memulihkan semangat bekerja.

Jaga Kesehatan

Pastikan bahwa Anda juga memenuhi gizi di rumah saat Work From Home. Makan makanan yang kaya akan gizi dan serat, serta pastikan untuk mengkonsumsi air mineral yang cukup agar dapat membuat tubuh tetap sehat. Dengan mengkonsumsi air mineral yang cukup mampu meningkatkan fokus saat bekerja.

Saat pagi hari sebelum akhirnya bekerja, Anda juga dapat melakukan meditasi atau olahraga di dalam rumah. Ada banyak cara tersebar di Internet agar Anda tetap dapat berolahraga walaupun di rumah. Dengan berolahraga akan mampu meningkatkan kebugaran tubuh.

Memang ada banyak orang harus mulai terbiasa dengan keadaan WFH walaupun beberapa kalangan mengatakan bahwa bekerja di rumah cukup membosankan. Namun sebenarnya Anda dapat mengatur waktu dan membangun suasana kerja yang nyaman sesuai dengan keinginan, seperti memutar musik kesukaan.

Itulah berbagai tips agar Work From Home tetap produktif seperti Anda di kantor. Dengan bekerja dari rumah sebenarnya Anda telah membantu pemerintah mencegah penyebaran virus COVID-19 semakin parah. Tetap waspada dan selalu jaga kebersihan diri Anda.

Related Posts