Mengenal Apa Itu Time Blocking Dan Manfaatnya

Sebagian orang mungkin masih kesulitan dalam mengatur jadwal keseharian. Banyaknya kegiatan bahkan gangguan berbagai pihak nyatanya kerap menjadi faktor sulitnya mengatur waktu. Di sinilah peran time blocking diperlukan. Jadi mari pahami apa itu time blocking dalam artikel berikut.

Selain dapat membantu mengatur waktu, teknik ini pun dipercaya mampu membawa banyak manfaat lainnya. Jika tertarik itu menerapkannya, Anda dapat mempelajarinya di sini.

Pengertian Time Blocking

Jika didefinisikan time blocking merupakan sebuah teknik manajemen yang mendorong Anda untuk membagi jadwal keseharian dalam blok-blok tertentu. Masing-masing blok akan diisi kegiatan dengan rentang waktu yang berbeda-beda.

Dari time blocking meaning tersebut pun dapat disimpulkan, bahwa ketika Anda memiliki manajemen waktu yang baik maka keseharian pun dapat lebih produktif.

Meski begitu umumnya pengaturan pada masing-masing sesi hanya dapat berlangsung selama 20 – 90 menit. Hal ini mengingat bahwa fokus seseorang pun memiliki kapasitas yang terbatas.

Manfaat Time Blocking

Selain mampu mendorong keseharian agar lebih produktif dan teratur, time blocking method juga dipercaya mampu menghasilkan banyak manfaat. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan.

Meningkatkan Fokus Dan Konsentrasi

Dengan memiliki jadwal pasti setiap harinya, Anda pun dapat memahami prioritas kegiatan. Adanya pengaturan waktu pun seakan menjadi limit/ batasan yang diharapkan mampu meningkatkan fokus dan konsentrasi dalam berkegiatan.

Meningkatkan Kesadaran Akan Waktu

Tak bisa dipungkiri sebagian orang kerap lupa waktu saat berkegiatan. Hal ini pula yang dapat memicu terbengkalainya urusan lain. Namun akan berbeda jika menggunakan time blocking app, di mana Anda akan memiliki notifikasi atau pengingat mengenai waktu yang dimiliki dalam satu kegiatan.

Mengurangi Risiko Stress

Manfaat yang tak kalah penting adalah teknik manajemen waktu ini dapat meminimalisasi risiko stress. Alasannya seringkali seseorang merasa terbebani karena banyaknya kegiatan dalam waktu yang sempit.

Padahal saat memiliki pengaturan waktu yang baik, setiap kegiatan pun mampu diselesaikan dengan efektif. Dengan begitu, beban pikiran juga akan berkurang.

Langkah Penerapan Time Blocking

Meski terlihat sederhana menerapkan time blocking tentu bukan hal yang sepele. Ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan agar manajemen waktu dapat terealisasi dengan baik. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda terapkan.

Menyusun Skala Prioritas

Apapun status dan pekerjaan Anda, pastikan untuk memahami dahulu prioritas dalam keseharian. Dengan begitu Anda dapat mengikuti ritme atau aturan time blocking tanpa memikirkan hal lain.

Membuat Jadwal Rrutin

Jika sudah memahami prioritas, maka Anda bisa membuat time blocking categories atau jadwal rutin. Mulainya dengan memasukan kegiatan yang ada dalam prioritas utama. Berikutnya, kegiatan yang memiliki deadline/ batas waktu bisa turut Anda masukan.

Agar tetap efektif buatlah pengaturan waktu yang sesuai dengan kemampuan fokus Anda. Tak lupa waktu istirahat pun perlu Anda buat agar pikiran dan tenaga dapat memiliki jeda.

Konsisten Pada Aturan Waktu

Agar upaya manajemen waktu optimal, maka diperlukan konsistensi yang baik selama menerapkan time blocking. Konsisten di sini tak hanya mengenai waktu, namun juga bagaimana Anda mampu fokus saat melakukan kegiatan-kegiatan tersebut.

Jika mampu konsisten pada aturan waktu yang dibuat, maka manfaat pun akan segera Anda rasakan. Anda pun bisa melihat berbagai time blocking example saat membuat jadwal.

Melakukan Evaluasi

Pada dasarnya time blocking hanyalah sebuah media untuk manajemen waktu Anda. Untuk itu agar tetap efektif dan optimal maka dibutuhkan evaluasi secara rutin.

Mulailah dengan mengevaluasi bagaimana kegiatan keseharian Anda berlangsung setelah menerapkan metode ini. Jika lebih efektif, maka jadwal tersebut sudah cocok.

Sebaliknya, saat time blocking belum berjalan optimal maka Anda perlu mengubah rentang waktu ataupun skala prioritas. Dengan begitu diharapkan fokus Anda selama berkegiatan akan semakin baik.

Tertarik untuk menerapkan time blocking dalam keseharian Anda? Setelah mengetahui apa itu time blocking, Anda pun bisa mencoba untuk merasakan manfaatnya. Semoga bermanfaat ya.

Related Posts