7 Tips Membuat Desain Kartu Nama Atau ID Card Untuk Bisnis

7 Tips Membuat Desain Kartu Nama Atau ID Card Untuk Bisnis

Berikut 7 tips penting ketika membuat desain kartu nama atau biasa disebut juga ID Card. Kartu nama merupakan bagian penting bagi seorang pengusaha, karena dengan adanya kartu nama kita bisa memperkenalkan bisnis yang kita miliki kepada orang lain. Sehingga bisnis kita menjadi lebih mudah dikenal dan dapat dihubungi suatu saat nanti. Mengingat begitu besar fungsi kartu nama untuk bisnis, maka dalam pembuatannya perlu diperhatikan beberapa poin penting agar bisnis yang kita miliki dipercaya oleh berbagai kalangan. Tidak sulit untuk membuat desain ID card yang baik bagi bisnis. Simak tips membuat desain kartu nama berikut ini.

Tips Membuat Desain Kartu Nama Untuk Bisnis

Logo Perusahaan

Tips membuat desain kartu nama yang pertama adalah pemakaian logo. Logo digunakan untuk membuat nama brand atau perusahaan yang anda miliki lebih ringkas dan menarik. Sebelumnya, rancang logo yang unik, menarik, namun tetap simpel untuk bisnis anda. Selain itu tips membuat kartu nama  yang baik dengan memakai ukuran logo yang tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Karena jika terlalu besar, maka kartu nama akan terkesan penuh. Sedangkan jika terlalu kecil, maka logo tidak akan terlihat. Pemakaian logo juga penting untuk perusahaan yang berskala besar. Jadi sebaiknya anda juga menambahkan logo pada kartu nama anda.

Isi Kartu Nama

Dalam membuat kartu nama kita juga harus memperhatikan isi kartu nama tersebut. Tips membuat kartu nama yang baik adalah mencantumkan isi kartu nama yang penting saja dan sebaiknya tidak terlalu panjang. Antara lain nama anda beserta nama perusahaan, kontak yang bisa dihubungi, dan pelayanan yang dimiliki bisnis anda. Kontak yang bisa dicantumkan misalnya nomor telepon, website, email, alamat lengkap dengan kode pos atau yang lainnya. Sementara untuk pelayanan bisnis, misalnya anda memiliki bisnis rumah makan. Maka anda bisa mencantumkan produk atau layanan lainnya. Dengan isi kartu nama yang padat dan lengkap akan membuat desain kartu nama menjadi lebih profesional.

Pemilihan Font

Tips membuat desain kartu nama yang ketiga adalah memilih font yang tepat. Pilih font / huruf dasar seperti misalnya serif atau font lain yang simpel. Sebaiknya hindari menggunakan font yang rumit bentuknya, karena akan sulit untuk dibaca. Selain itu sesuaikan warna tulisan agar terlihat jelas saat dibaca. Lebih baik menggunakan warna hitam, daripada warna cerah yang bisa menyulitkan dan menggangu saat membaca kartu nama.

Warna Dasar Kertas Kartu Nama

Selain warna font, tips membuat kartu nama yang baik adalah memilih warna dasar kertas itu sendiri. Pilihlah warna dasar kertas dengan warna netral misalnya putih, abu-abu atau hitam. Warna-warna juga masih bisa dikombinasikan dengan warna lain jika anda ingin menambahkan hiasan atau logo. Warna ini juga akan menambah kesan elegan pada desain kartu nama anda.

Desain Embos

Tips membuat kartu nama selanjutnya adalah menggunakan desain embos pada kartu nama anda. Desain embos merupakan desain timbul, yang apabila disentuh terdapat motif tidak rata pada kartu. Namun sebaiknya jika anda ingin memakai desain ini jangan menggunakan tambahan hiasan lain. Cukup gunakan warna putih atau gold kemudian menerapkan desain embos. Tips membuat kartu nama ini bisa anda coba untuk mempercantik kartu nama anda.

Bahan Kertas

Kita juga bisa memilih bahan kertas yang akan digunakan untuk membuat kartu nama. Terdapat 6 jenis kertas yang bisa anda pilih, yaitu art paper, BW, mohawk option, linen jepang, serta linen holland. Dalam pemilihan bahan kertas, tips membuat kartu nama yang bagus adalah menggunakan bahan mohawk option. Karena kertas ini memiliki banyak kelebihan, seperti hasil cetakan lebih bagus, dapat dicetak pada kedua sisinya, dan lebih bebas berkreasi.

Tambahan Kode QR

Tips membuat kartu nama yang terakhir adalah menggunakan kode batang atau kode QR. Kode ini digunakan untuk memudahkan klien atau konsumen dalam mengakses kontak. Misalnya direct ke BBM, Twitter, website, dan lain sebagainya. Penggunaan kode ini memang tidak wajib anda cantumkan pada kartu nama anda, hanya opsi lain saja. Namun beberapa perusahaan besar dan bonafit sudah mencantumkan kode ini. Jika anda berencana menambahkan kode batang, maka letakkan kode tersebut di bagian space yang kosong. Agar tidak menumpuk dengan informasi lainnya.

Itulah beberapa tips membuat desain kartu nama yang baik. Dengan penerapan beberapa tips tersebut, dijamin bisnis yang anda miliki lebih dikenal oleh banyak orang. Jika anda tidak bisa merancang sendiri kartu nama anda, maka bisa menggunakan jasa desain grafis. Pranata Printing hadir untuk memberikan solusi bagi anda yang ingin membuat kartu nama dengan harga terjangkau dan cepat. Hubungi kontak Pranata Printing sekarang untuk konsultasi desain dan percetakan kartu nama untuk bisnis anda.

Related Posts