Pengertian Dan Fungsi E-Wallet Atau Dompet Digital

Pengertian Dan Fungsi E-Wallet Atau Dompet Digital Pranata Printing

Apakah Anda mengetahui apa itu E-Wallet? Perkembangan zaman yang semakin maju di segala aspek termasuk dalam transaksi digital kini mulai menjadi sesuatu yang booming. Saat ini penggunaan layanan dan fungsi e-wallet menjadi sesuatu yang sudah banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia.

Pembayaran melalui dompet digital atau e-wallet kini banyak digemari oleh masyarakat karena dirasa lebih praktis dan efisien. Tidak hanya itu pembayaran apapun saat ini bisa menggunakan dompet digital tanpa harus menyediakan uang tunai atas cash.

Adanya e-wallet kini semakin memudahkan masyarakat dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari terutama dalam hal pembayaran atau tagihan. Setiap pembayaran atau tagihan saat ini semuanya bisa menggunakan dompet digital yang lebih praktis dan menguntungkan.

Fungsi dompet digital memang didesain agar masyarakat melakukan pembayaran tanpa harus menggunakan uang tunai. Hal tersebut juga menguntungkan pihak penjual karena tidak perlu repot-repot untuk menyediakan kembalian.

Mungkin masih ada dari kalian yang belum mengetahui mengenai apa itu dompet digital dan apa fungsi dompet digital. Bagi kalian yang penasaran bisa menyimak informasi ini sampai akhir.

Apa Itu Dompet Digital Atau E-Wallet?

Secara garis besar kita dapat menyimpulkan bahwa dompet digital merupakan sebuah produk berupa layanan uang elektronik yang berbasis server atau chip. Sedangkan e-wallet yang berbasis server biasanya akan berbentuk sebuah aplikasi misalnya go-pay, ovo, dana dan lainnya. E-wallet yang berbasis chip ini biasanya ada dalam bentuk e-money, seperti flazz dan brizzi.

Ketika seseorang menggunakan e-wallet maka orang tersebut bisa menyimpan beberapa uang yang nantinya bisa dipakai untuk melakukan transaksi secara offline maupun online dengan smartphone. Fungsi dompet digital ini sangat mirip dengan kartu kredit atau debit yang bisa digunakan untuk membayar di restoran, tiket pesawat atau kereta, belanja, dan transaksi lainnya.

BACA JUGA :  5 Tips Investasi Emas Bagi Pemula Agar Menguntungkan

E-wallet biasanya dikeluarkan oleh perbankan seperti BCA, Mandiri dan bank lainnya dan dalam pembuatan e-wallet mereka pastinya sudah menyediakan sebuah sistem keamanan yang berupa kontrol dari user (pengguna). Pengguna e-wallet tidak perlu khawatir karena sudah dijamin aman dengan menggunakan verifikasi dari setiap pembayaran yang dilakukan.

Aplikasi atau software dari e-wallet ini biasanya menggunakan tiga platform dalam pembayaran yaitu QR code (Quick Response Code), NFC ( Near Field Communication), serta OTP (One Time Password). E-Wallet mulai ada di Indonesia pertama kali pada tahun 2007 yang dibuat oleh Telkomsel dengan nama tCash dan kemudian Indosat juga membuatnya yaitu Dompetku serta XL Axiata yaitu XL Tunai.

Fungsi E-Wallet

Pada awalnya fungsi dompet digital hanya diperuntukan dalam hal transfer, top up pulsa dan data internet. Seiring dengan berkembangnya zaman penggunaan e-wallet semakin meluas tidak hanya untuk hal tersebut saja. Itulah pengertian mengenai dompet digital dan sedikit perkembangannya di Indonesia. Selanjutnya di jaman sekarang ini apa saja sih fungsi dari e-wallet itu.

1. Memudahkan Transaksi

Ketika kita sedang membeli makan atau berbelanja di sebuah swalayan maka ketika melakukan pembayaran akan lebih mudah jika menggunakan e-wallet. Tidak perlu kita mengambil uang cash untuk membayarnya kita hanya perlu membawa sebuah kartu.

Kita juga tidak perlu membawa dompet yang besar kita hanya perlu membawa card holder. Fungsi dompet digital tersebut akan membuat sesuatu menjadi lebih praktis dan semakin praktis maka semakin baik.

2. Lebih Aman

Ketika kita menggunakan e-wallet maka kita tidak perlu menyediakan uang cash di dompet artinya uang kita sudah aman ada di e-wallet. Sehingga akan aman dari pencurian kalaupun hilang kita dapat dengan mudah mengatasinya. Selain itu e-wallet bisa dioperasikan dari smartphone dan tidak ribet dalam pembuatan akunnya.

BACA JUGA :  Pengertian Dan Penjelasan Analisis SWOT Yang Harus Diketahui

3. Memudahkan Dalam Membayar Tagihan

Tagihan yang biasanya harus di bayar listrik atau air nah dengan adanya e-wallet kalian cukup dengan duduk di rumah dan melakukan pembayaran. Hal tersebut sangat memudahkan kalian apalagi yang super sibuk. Selain itu pembelian tiket juga bisa dilakukan dengan e-wallet.

Itulah beberapa fungsi dompet digital yang tentunya memudahkan pengguna (user) dan bagai kalian yang masih ragu dalam menggunakan e-wallet kalian tidak perlu ragu lagi. Karena sudah dijamin aman dan menguntungkan. Hampir sebagian besar masyarakat di Indonesia pun sudah mulai beralih untuk menggunakan e-wallet.

Related Posts